EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kinerja Guru dalam Perubahan Kurikulum 2013 terhadap Pembelajaran SKI di MAN 5 Marabahan

Juwairiah, Juwairiah (2018) Kinerja Guru dalam Perubahan Kurikulum 2013 terhadap Pembelajaran SKI di MAN 5 Marabahan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (407kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (953kB)

ABSTRAK

Kualitas proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh kualitas kinerja guru. Oleh karena itu, usaha meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar perlu secara terus menerus mendapatkan perhatian dari penanggung jawab sistem pendidikan. Peningkatan ini akan lebih berhasil apabila dilakukan oleh guru dengan kemampuan dan usaha mereka sendiri. Seluruh potensi yang dimiliki guru tentu saja akan meningkatkan kecerdasan peserta didik melalui proses pembelajaran, guru berupaya melibatkan dan merangsang aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ketiga aspek inilah yang banyak menentukan apakah proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja guru dalam perubahan Kurikulum 2013 terhadap pembelajaran SKI di MAN 5 Marabahan? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja guru dalam perubahan Kurikulum 2013 terhadap pembelajaran SKI di MAN 5 Marabahan? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui kinerja guru terhadap perubahan kurikulum 2013 terhadap pembelajaran SKI di Madrasah Aliyah Negeri 5 Marabahan dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru terhadap perubahan kurikulum 2013 terhadap pembelajaran SKI di Madrasah Aliyah Negeri 5 Marabahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran Ski yang berjumlah 1 orang guru mata pelajaran SKI di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 5 Marabahan. Sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu mengenai kinerja guru dalam perubahan Kurikulum 2013 terhadap pembelajaran SKI yaitu mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumenter. Setelah data terkumpul selanjutnya diproses melalui editing, klasifikasi data, dan interpretasi data secara diskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja guru dalam perubahan Kurikulum 2013 terhadap pembelajaran SKI di MAN 5 Marabahan sudah terlaksana dengan baik dan lancar; Hal ini dapat dilihat dari kinerja guru SKI dalam penguasaan dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013; faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam perubahan Kurikulum 2013 terhadap pembelajaran SKI di MAN 5 Marabahan adalah faktor guru, faktor peserta didik, faktor waktu, dan faktor sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Depositing User: Juwairiah Juwairiah Juwairiah
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:07
Last Modified: 20 Aug 2018 04:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10504

Actions (login required)

View Item View Item