EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Regulasi Diri Mahasiswa UIN Antasari Yang Bekerja Sebagai Marbut Masjid Di Banjarmasin

Hidayatullah, Rian (2018) Regulasi Diri Mahasiswa UIN Antasari Yang Bekerja Sebagai Marbut Masjid Di Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (487kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (442kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB 3 .pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 4 .pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 5 .pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (53kB)

ABSTRAK

Fenomena mahasiswa kuliah sambil bekerja menjadi hal yang biasa di kalangan mahasiswa. Banyak pilihan pekerjaan yang mereka pilih agar bisa memenuhi kebutuhan ekonomi. Salah satu pekerjaan yang dipilih oleh mahasiswa adalah menjadi marbut masjid, untuk mengatur diri mereka sebagai mahasiswa dan marbut masjid maka diperlukannya regulasi diri. Regulasi diri adalah kemampuan individu dalam memotivasi diri untuk mencapai tujuan dengan cara merencanakan, mengevaluasi dan memodifikasi perilaku individu sendiri untuk mencapai tujuan tersebut, kita perlu fokus dan melakukan regulasi diri supaya tujuan tersebut bisa tercapai. Dari latar belakang itulah maka penulis tertarik untuk meneliti terkait dengan gambaran regulasi diri mahasiswa UIN Antasari yang bekerja sebagai marbut masjid di Banjarmasin serta mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi regulasi diri mahasiswa tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Berdasarkan data dilapangan terdapat tiga subjek mahasiswa UIN Antasari yang bekerja sebagai marbut masjid di Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstuktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, regulasi diri mahasiswa UIN Antasari yang bekerja sebagai marbut masjid di Banjarmasin terbagi atas tiga aspek, yaitu metakognitif, motivasi dan perilaku yang diaplikasikan oleh ketiga subjek. Pada aspek metakognitif ketiga subjek sama-sama memiliki target yang ingin dicapai, untuk aspek motivasi, subjek HS dan IN memotivasi diri sebagai marbut itu untuk menjadi perbaikan diri dan pendukung sebagai mahasiswa. Subjek WD memotivasi diri menjadi marbut sebagai kebutuhan ekonomi. Sedangkan untuk aspek perilaku. Subjek HS dan WD lebih memilih membuat jadwal untuk kegiatannya sedangkan, subjek IN memilih terfokus satu aktivitas ketika aktivitas itu selesai langsung menjalankan aktivitas yang lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi diri mahasiswa tersebut ada 3 yaitu tentang faktor pengetahuan individu ketika semakin lama pekerjaan yang dilakukan subjek semakin banyak pengetahuan yang dimiliki maka semakin membantu meregulasi dirinya dengan baik. Kedua faktor observasi diri, ketika individu gagal akan tujuannya maka individu melakukan evaluasi terhadap dirinya. Ketiga faktor proses penilaian, ketika melakukan observasi diri muncul proses penilaian diri dan melihat kesesuaian tingkahlaku dengan standar pribadinya sehingga perilaku tersebut bisa dilakukan lagi.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Rian Hidayatullah .
Date Deposited: 21 Aug 2018 07:17
Last Modified: 21 Aug 2018 07:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10547

Actions (login required)

View Item View Item