EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Motivasi dan Makna Penggunaan Cadar Pada Mahasiswi (Studi Kasus UIN Antasari Banjarmasin)

Andriani, Fitri (2018) Motivasi dan Makna Penggunaan Cadar Pada Mahasiswi (Studi Kasus UIN Antasari Banjarmasin). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (913kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (244kB)

ABSTRAK

Fitri Andriani, 1401451608, Motivasi dan Makna Penggunaan Cadar Pada Mahasiswi (Studi Kasus UIN Antasari Banjarmasin),Skripsi, Banjarmasin, Jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, 2018, Pembimbing: (1) Maimanah M.Ag, Pembimbing (2) Yulia Hairina, M.Psi., Psikolog. Kata Kunci: Motivasi, Makna, Mahasiswi, Cadar Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu fenomena di lingkungan kampus UIN Antasari Banjarmasin. Kampus UIN Antasari adalah kampus pengusung Islam moderat, namun beberapa tahun terahkir mahasiswi UIN Antasari banyak yang menggunakan cadar sebagai pakaian sehari-hari mereka, dari tahun ke tahun menjadi peningkatan yang signifikan dari mahasiswi yang bercadar. Sejak tahun 2017 UIN Antasari memiliki Komunitas Muslimah Niqab UINAN (Universitas Islam Negeri Antasari) yang berjumlah 45 orang. Komunitas Muslimah Niqab UINAN adalah sebuah organisasi sebagai tempat mahasiswi-mahasiswi UIN Antasari yang bercadar, saling bertemu dan menguatkan. Berdasarkan keadaan diatas, peneliti memfokuskan pada masalah bagaimana motivasi mahasiswi UIN Antasari menggunakan cadar dan bagaimana makna penggunaan cadar pada mahasiswi UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 Mahasiswi UIN Antasari Banjarmasin. Dengan kriteria Mahasiswi UIN Antasari yang menggunakan cadar angkatan 2017, yang mengikuti Komunitas Muslimah Niqab UINAN dan bukan alumni pondok pasantren. Adapun tehnik yang digunakan dalam memperolah data yaitu dengan wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, motivasi mahasiswi UIN Antasari Banjarmasin yang menggunakan cadar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor Intrinsik dan ekstrinsik. Kelima subjek menggunakan cadar atas kemauan mereka sendiri, artinya motivasi intrinsik lah yang menjadi motivasi semua subjek. Dan dua subjek lainya yaitu AH dan H selain motivasi intrinsik subjek AH dan H juga mendapat motivasi ekstrinsik dimana AH mendapat dorongan dari guru fisikanya yang selalu memberi semangat dan dorongan sedangkan H termotivasi melihat temannya yang menggunakan cadar. Makna penggunaan cadar pada mahasiswi UIN Antasari Banjarmasin berkaitan dengan hukum cadar dalam Islam, yaitu sebagai penutup aurat. AH mengatakan makna menggunakan cadar adalah hal yang paling utama untuk menutup aurat, bukan hanya sebagai penutup aurat, tetapi juga sebagai untuk menjaga dari pandangan laki-laki yang bukan mahram agar terhindar dari fitnah dan membuat dirinya menjadi lebih aman. Menurut MR untuk menutup aurat, menjaga nama baik orang tua dan tidak mengikuti trend. menurut H untuk penjaga dan pelindung diri, baik menjaga pandangan atau menjaga perilaku yang tidak baik, menurut F untuk penjaga diri dalam bertingkah laku. Sedangkan menurut AR untuk menutup aurat, merasa cocok dengan kepribadian dirinya dan merasa terlindungi.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Fitri Andriani Andriani
Date Deposited: 28 Sep 2018 06:42
Last Modified: 28 Sep 2018 06:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10702

Actions (login required)

View Item View Item