EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Problematika Pembelajaran Al-qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri 5 Barito Kuala

Siti Khadijah, Siti Khadijah (2019) Problematika Pembelajaran Al-qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri 5 Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (656kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Madrasah Aliyah Negeri 5 Barito Kuala mempunyai tujuan untuk memberikan kemampuan meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap Alquran dan Hadis, supaya siswa mampu membaca Alquran sesuai dengan hukum tajwid dengan benar, membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam Alquran dan Hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan, dan juga supaya peserta didik dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alquran dan Hadis yang dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan tentang Alquran dan Hadis. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa tujuan pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 5 Barito Kuala belum tercapai seperti yang diharapkan. Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 5 Barito Kuala serta usaha apa saja yang dilakukan dalam mengatasi problem pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 5 Barito Kuala. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Negeri 5 Barito Kuala. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru Alquran Hadis dan siswa kelas X dan XI. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan editing, klasifikasi data, interprestasi data. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasik dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 5 Barito Kuala antara lain bertujuan agar siswa dapat membaca Alquran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. (2) Problematika yang ada dalam pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 5 Barito Kuala di antaranya adalah siswa kurang mampu dalam membaca Alquran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid karena latar belakang lulusan siswa yang heterogen. (3) Usaha dalam mengatasi problematika dalam pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 5 Barito Kuala. Diantaranya dengan mengadakan tadarus Alquran bagi seluruh siswa melaksanakan kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan secara reguler setiap hari, Memberikan pengarahan kepada siswa serta mengadakan kegiatan Tahfid Alquran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Siti Siti Khadijah Siti Khadijah
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:20
Last Modified: 12 Mar 2019 02:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11237

Actions (login required)

View Item View Item