EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Semiotik Pesan-Pesan Moral dalam Film Sejarah Perang Banjar

Noor, Rahman (2019) Analisis Semiotik Pesan-Pesan Moral dalam Film Sejarah Perang Banjar. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (563kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Rahman Noor, 2018. Analisis Semiotik Pesan-Pesan Moral dalam Film Sejarah Perang Banjar, Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Pembimbing I: Dr. Zainal Pikri, M. Ag, Pembimbing II: Surya Eka Priyatna, M. Cs Kata kunci: Film, Sejarah Perang Banjar, Moral, Akhlak, Semiotik Penelitian ini berdasar bahwa pesan-pesan kebaikan (moral) ataupun pesanpesan dakwah tidak hanya dapat disampaikan melalui media mimbar (ceramah) saja, hal tersebut sudah dapat dilakukan melalui media massa, di antaranya lewat media film. Hal ini salah satunya dapat kita lihat pada film Sejarah Perang Banjar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos yang berhubungan dengan pesan-pesan moral yang terkandung dalam film Sejarah Perang Banjar. Pada pesan-pesan moral yang telah didapatkan, kemudian dicari bagaimana pandangan Islamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis semiotika model Roland Barthes yang mengelompokan makna sebuah tanda kepada dua kunci bagian yaitu: denotasi (primary sign) dan konotasi (secondary sign). Adapun data yang didapatkan dalam penelitian ini bersumber dari file video film Sejarah Perang Banjar yang kemudian digabungkan dengan buku-buku ataupun literatur lainnya yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat beberapa pesan moral di dalam film tersebut. Pesan moral yang peneliti temukan ada yang bernilai perbuatan baik, serta ada pula yang bernilai perbuatan yang buruk. Pesan-pesan moral yang bernilai kebaikan antara lain upacara sebagai penghormatan terhadap jasa para pahlawan, mengenal para pahlawan untuk mengetahui perjuangannya dahulu dalam memperjuangkan bangsa, semangat belajar yang tinggi, bermusyawarah untuk dapat bertukar pikiran, wasiat raja wajib dilaksanakan, bekerjasama dalam melawan penjajah, dan semangat juang melawan penjajah. Adapun pesan-pesan moral yang bernilai keburukan yaitu pengkhianatan, dan mabuk-mabukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Skripsi Rahman Noor
Date Deposited: 25 Feb 2019 06:17
Last Modified: 25 Feb 2019 06:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11340

Actions (login required)

View Item View Item