EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upaya Kepala Sekolah Mengatasi Stres Pada Guru Di SMPLB B/C Dharma Wanita Persatuan Prov Kalsel

Hafiz, Abdul (2019) Upaya Kepala Sekolah Mengatasi Stres Pada Guru Di SMPLB B/C Dharma Wanita Persatuan Prov Kalsel. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (284kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Sudah menjadi sunatullah bahwa setiap manusia yang hidup didunia pasti mempunyai masalah, baik masalah pribadi, masalah sosial, masalah keluarga dan masalah di tempat kerja. Masalah-masalah ini berupa tugas pekerjaan yang menumpuk, tugas perkuliahan yang banyak, harapan akan masa depan, konflik terhadap atasan, konflik terhadap rekan kerja, ketidak harmonisan keluarga,menghadapi anak didik yang bermasalah, mengajari murid yang berkebutuhan khusus dan banyak lagi masalah lainnya yang menjadi penyebab stres. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah apa saja faktor pendorong terjadinya stres pada guru dan upaya kepala sekolah dalam mengatasi stres guru di SMPLB B/C Dharma Wanita Persatuan Prov Kalsel. Berdasarkan rumusan masalah maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong terjadinya stres pada guru dan upaya kepala sekolah dalam mengatasi stres guru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan(Field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dukumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka peneliti menemukan ada dua bentuk stres pada guru di SMPLB B/C Dhrama Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Selatan yaitu: stres fisik dan stres psikis. Faktor peyebab stres pada di SMPLB B/C Dharma Wanita Persatuan Kalimantan Selatan ada tiga yaitu: faktor individual, faktor organisasional dan faktor lingkungan. Upaya kepala sekolah mengatasi stres dalam mengatasi stres guru di SMPLB B/C Dharma Wanita Persatuan Kalimantan Selatan ada beberapa langkah yang ditempuh, yaitu mengenali faktor penyebab stres itu sendiri, melakukan penanganan dan evaluasi. beberapa langkah yang dilakukan kepala sekolah dalam penanganannya yaitu: melakukan pendekatan invidual, pendekatan organisasional, mengelola waktu bawahan, seleksi dan penempatan, rancangan ualang pekerjaan, keterlibatan guru terhadap keputusan-keputusan yang akan diambil, membangun komunikasi, menciptakan program pengembangan, serta menerapkan hadiah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Skripsi Abdul Hafiz
Date Deposited: 26 Feb 2019 07:08
Last Modified: 26 Feb 2019 07:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11347

Actions (login required)

View Item View Item