EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Telaah Materi Hadits dalam Buku Ajar Al-Qur’an Hadits Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 2013

Anriansyah, Febry (2019) Telaah Materi Hadits dalam Buku Ajar Al-Qur’an Hadits Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 2013. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (682kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian materi Hadits buku ajar Al-Qur’an Hadits Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 2013 dengan psikologi perkembangan remaja dan mengetahui kualitas Hadits yang terdapat di dalam buku ajar Al-Qur’an Hadits Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), yaitu penelaahan terhadap buku-buku, karya ilmiah, karya populer, dan literatur lain yang berhubungan dengan tema yang diteliti. Karena, yang menjadi pijakan utama dalam penelitian ini adalah data-data pustaka yang berupa buku, yakni yang membahas mengenai kajian Hadits dan beberapa literatur yang berkaitan dengan studi Psikologi Perkembangan Remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu .Adapun sumber data primer dalam kajian ini adalah buku ajar Al-Qur’an Hadits di MTs kelas VII Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Agama Tahun 2014, VIII Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Agama Tahun 2015 dan IX Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Agama Tahun 2016, sedangkan data sekunder, berupa sumber-sumber tertulis yang menginformasikan tentang kajian ilmu hadits dan psikologi perkembangan remaja. Penelitian ini berjenis penelitian pustaka (library research), maka yang menjadi instrument pengumpulan data adalah peneliti sendiri (key instrument). Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara mengumpulkan berbagai sumber data, baik itu yang menyangkut sumber data primer atau sekunder, langkah selanjutnya setelah data tersebut terkumpul, dibaca, data dipahami, selanjutnya dianalisis secara deskriftif analisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa perkembangan psikologi keagamaan pada remaja yang mana mereka hanya meniru apa yang orang lain lakukan, dan mengulang apa yang orang lain katakan. Akan tetapi, siswa tidak benar-benar memahami makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam sisi keberagamaannya. Baginya, agama hanya sekedar ritual semata. Mereka melaksanakan ritual semata-mata atas dorongan orangtua, keluarga dan guru-gurunya. vi Materi hadits pada buku ajar Al-Qur’an Hadits dianggap sesuai dengan psikologi perkembangan pada remaja yang mana mereka diberikan materi-materi yang mudah dicerna dikalangan siswa Madrasah Tsanawiyah. Dalam menentukan kualitas hadits pada buku ajar ini menggunakan metode tahqiq, yaitu memeriksa hadits tersebut dengan sumber Kutub Al Tis’ah (Ensiklopedia Hadits).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Febry Febry Anriansyah
Date Deposited: 20 Jun 2019 06:46
Last Modified: 20 Jun 2019 07:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11841

Actions (login required)

View Item View Item