EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Nasabah Memilih Produk Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah Mandiri KC Tanjung

Noor, Erla Sharfina Permata (2019) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Nasabah Memilih Produk Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah Mandiri KC Tanjung. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (338kB)

ABSTRAK

Erla Sharfina Permata Noor. 2019. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Nasabah Memilih Produk Pembiayaan Murabahah pada Bank Syariah Mandiri KC Tanjung. Skripsi Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing : (I) Dra. Hj. Noorwahidah Haisy, M.Ag. (II) Yulia Hafizah, M.E.I. Kata Kunci : pembiayaan murabahah, kualias pelayanan, harga Penelitian ini dilakukan di daerah Tanjung Tabalong karena banyaknya minat masyarakat terhadap pembiayaan murabahah, didukung dengan dibangunnya pusat kuliner di tengah kota yang terletak di jalan kenanga kota Tanjung. Hal tersebut dapat memotivasi masyarakat untuk membangun usaha. Dengan ini, Bank Syariah Mandiri KC Tanjung menyediakan produk pembiayaan murabahah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kualitas pelayanan dan harga secara simultan dan parsial terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pembiayaan murabahah pada Bank Syariah Mandiri KC Tanjung Kalimantan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang diteliti secara langsung di lapangan dengan teknik pengumpulan data yang berkaitian dengan penelitian ini dan bersifat kuantitatif. Penelitian ini ditujukan kepada nasabah Bank Syariah Mandiri KC Tanjung yang menggunakan produk pembiayaan murabahah dengan teknik pengambilan sampel, dan jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 30 orang. Serta menggunakan data primer yang merupakan data dari hasil pengisian kuisioner. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi nasabah dalam memilih pembiayaan murabahah pada Bank Syariah Mandiri KC Tanjung yaitu kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah (Y), hal ini dapat dilihat dari Fhitung > Ftabel ¬ atau 4,733 > 3,35 dengan nilai signifikansi (0,017) < α (0,05). Dimana Fhitung lebih besar dari Ftabel pada sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel bebas berpangaruh secara simultan. (2) Pada variabel kualitas pelayanan terdapat pengaruh secara parsial dengan bahwa t hitung > t tabel atau 2,692 > 2,051, pada variabel harga tidak terdapat pengaruh secara parsial dengan t hitung < t tabel atau -1,691 < 2,051. (3) Terdapat variabel yang dominan terhadap keputusan nasabah memilih produk pembiayaan murabahah pada Bank Syariah Mandiri KC Tanjung yaitu variabel kualitas pelayanan dengan persentase 19,04%. (4) Bank Syariah KC Tanjung dalam segi kualitas pelayanan telah sesuai dengan ajaran Islam dengan memeberikan pelayanan yang baik kepada nasabah. Adapun dari segi harga yang ditetapkan telah sesuai dengan yang diharapkan nasabah, dan pandangan Islam tehadap biaya administrasi adalah termasuk riba, dikarenakan untuk keuntungan bank tersendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Sri Rafidah Widyaningsih
Date Deposited: 03 Jul 2019 06:51
Last Modified: 03 Jul 2019 06:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11966

Actions (login required)

View Item View Item