EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Agama Pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Buntok Kabupaten Barito Selatan (Studi Kasus pada SMAN 1, SMAN 2, dan SMKN)

Irawan, Dedy (2019) Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Agama Pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Buntok Kabupaten Barito Selatan (Studi Kasus pada SMAN 1, SMAN 2, dan SMKN). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (315kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Sekolah sebagai lembaga pendidikan tidak hanya mengajarkan ilmu pendidikan tetapi juga membimbing budi pekerti terutama dengan siswa yang berbeda agama, ras dan juga suku. Pada sekolah yang siswanya heterogen interaksi tidak hanya dengan siswa yang seagama tetapi juga dengan siswa yang berbeda agama disinilah peran guru PAI dalam memberikan penanaman nilai-nilai toleransi agama agar siswa dalam bertoleransi lebih terarah sesuai dengan nilai-nilai luhur agama. Penanaman nilai-nilai toleransi agama di sekolah tidak hanya dilakukan oleh guru PAI tetapi juga dapat dilakukan oleh guru pendidikan agama Krisen Protestan, guru pendidikan agama Katolik, guru agama Hindu, pembina pramuka, pembina UKS, kepala sekolah maupun guru umum lainnya. Permasalahannya bagaimana penanaman nilai-nilai toleransi agama pada siswa SMAN dikota Buntok Kabupaten Barito Selatan meliputi sikap saling pengertian, sikap saling menghormati, dan sikap saling menghargai kesetaraan antar umat beragama. Bagaimana hasil penanaman nilai-nilai toleransi agama pada siswa SMAN di kota Buntok Kabupaten Barito Selatan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan teknik tringulasi dan objektifis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Penanaman nilai-nilai toleransi agama pada siswa SMAN dikota Buntok Kabupaten Barito Selatan meliputi: a. sikap saling pengertian yaitu; 1). Memotivasi siswa untuk saling tolong-menolong; 2). Berteman tanpa membedakan agama; 3). Bersikap terpuji pada siswa berbeda agama. b.saling menghormati meliputi; 1). Menganjurkan siswa menggunakan atribut keagamaan; 2). Memotivasi siswa untuk bersikap toleran; 3). Menghormati ibadah agama lain. c. saling menghargai kesetaraan antar umat beragama meliputi: 1). Upacara apel senin melibatkan semua agama; 2). Melibatkan siswa berbeda agama dalam kegiatan sosial; 3) Bersikap adil terhadap siswa. 2. Hasil penanaman nilai-nilai toleransi agama pada siswa SMAN dikota Buntok Kabupaten Barito Selatan meliputi: a. Sikap saling pengertian meliputi: 1). Siswa berbeda agama saling tolong-menolong; 2). Berteman tanpa membedakan agama; 3). Bersikap terpuji terhadap siswa berbeda agama. b. Sikap saling menghormati yaitu: 1). Siswa berbeda agama menggunakan atribut keagamaan; 2). Bersikap toleran sesama siswa; 3). Bersikap terpuji terhadap siswa berbeda agama. c. Saling menghargai kesetaraan antar umat beragama yaitu: 1). Petugas aspek senin melibatkan semua agama; 2). Melibatkan siswa berbeda agama dalam kegiatan sosial; 3). Bersikap adil terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:31
Last Modified: 09 Jul 2019 04:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12066

Actions (login required)

View Item View Item