EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji di Kementerian Agama Kota Banjarmasin Tahun 2018

Andriani, Dina (2019) Manajemen Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji di Kementerian Agama Kota Banjarmasin Tahun 2018. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (769kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Haji merupakan ibadah yang wajib dilakukan sekali dalam seumur hidup dengan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, salah satunya yaitu kemampuan memahami manasik haji agar dapat mencapai predikat haji mabrur. Untuk itu Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjarmasin selaku pemerintah berkewajiban memberikan bimbingan ibadah haji sesuai dengan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2008. Namun pada kenyataannya pelaksanaan manasik haji yang dilakukan oleh Kemenag belum maksimal karena masih banyak para jemaah yang belum memahami materi manasik dengan baik. Beberapa faktornya adalah perbedaan tingkat pendidikan, pekerjaan, usia serta hambatan yang datang dari pelaksanaan manasik itu sendiri. Oleh karena itu penelitian ini mencoba untuk meneliti bagaimana pelaksanaan manasik haji di Kementerian Agama Kota Banjarmasin, bagaimana penerapan manajemen dalam pelaksanaan manasik haji di Kementerian Agama Kota Banjarmasin serta melihat faktor apa sajja yang menjadi pendukung dan penghambat manasik haji di Kementerian Agama Kota Banjarmasin tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah field reseach (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan manasik haji dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan, 2 kali diadakan oleh Kementerian Agama dan 8 kali diadakan di Kantor Urusan Agama Kecamatan. Penerapan manajemen pelaksanaan bimbingan manasik haji di Kementerian Agama sudah melakukan tahapan-tahapan sesuai teori manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Perencanaan dilakukan melalui rapat harian. Pengorganisasian dilakukan dengan pembagian tugas dan koordinasi antara pimpinan. Pengarahan dilakukan sesuai dengan perencanaan walaupun masih kurang maksimal. Pengawasan yang dilakukan dengan cara mengawasi langsung saat pelaksaan manasik haji dan melihat laporan hasil kegiatan. Faktor-faktor pendukung, yaitu pembimbing yang kompeten, sistem pelayanan dan bimbingan kepada jemaah haji yang sistematis, peserta jemaah calon haji yang antusias, serta jarak yang dekat antara tempat tinggal jemaah dengan tempat kegiatan manasik haji. Faktor-faktor penghambat, yaitu latar belakang jemaah haji yang beragam, terbatasnya tempat untuk bimbingan, kurangnya kedisipinan dari jemaah calon haji dalam mengikuti manasik haji, kurangnya kedisipinan dari panitia dan pembimbing manasik haji saat memberikan materi serta sarana bimbingan manasik belum lengkap.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DINA ANDRI DINA ANDRIANI DINA ANDRIANI
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:25
Last Modified: 25 Jul 2019 03:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12219

Actions (login required)

View Item View Item