EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Dakwah Madrasah Aliyah Sabilal Muhtadin di Desa Jaya Karet Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kalimantan Tengah

Hasanah, Uswatun (2019) Manajemen Dakwah Madrasah Aliyah Sabilal Muhtadin di Desa Jaya Karet Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kalimantan Tengah. Skripsi, Dakwah dan Ilmu komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (908kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (770kB)

ABSTRAK

ABSTRAK Uswatun Hasanah, 2019, Manajemen Dakwah Madrasah Aliyah Sabilal Muhtadin di Desa Jaya Karet Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kalimantan Tengah. Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Pembimbing: (I)Dr. Hj. Halimatus Sakdiah, S.Ag. (II) Nur Falikhah S.Ant., M.Sc. Kata kunci : Manajemen, Dakwah, Madrasah Aliyah Sabilal Muhtadin. Penelitian ini mengkaji tentang manajemen dakwah yang ada di Madrasah Aliyah Sabilal Muhtadin dan berlokasi di Desa Jaya Karet Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kalimantan Tengah. Untuk menjawab tuntutan serta tahapan pencapaian misi sekolah, MA Sabilal Muhtadin berusaha memberikan bekal keislaman yang cukup untuk siswa/i yang ada. Salah satu kiat yang dilakukan yaitu melaksanakan kegiatan salat juhur berjamaah serta muhadharah. Teka-teki yang masih belum terjawab adalah bagaimana manajemen yang diterapkan sehingga kegiatan ini dapat bertahan sejak 2011 hingga sekarang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan dakwah yang ada di Madrasah Aliyah Sabilal Muhtadin dan penerapan manajemen yang dilakukan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan berlokasi di Madrasah Aliyah Sabilal Muhtadin di Desa Jaya Karet Provinsi Kalimantan Tengah. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah field research. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer berjumlah 5 orang yang terdiri dari 3 orang guru pembimbing, ketua Organisasi Madrasah Sabilal Muhtadin serta Kepala Sekolah MA Sabilal Muhtadin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah itu dilakukan pengolahan data yang kemudian dilanjutkan dengan analisis data secara kualtitaif interpretatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan dakwah yang terdapat di Madrasah Aliyah Sabilal Muhtadin meliputi kegiatan dakwah salat juhur berjamaah yang dilaksanakan setiap hari kecuali hari Jum’at dan Minggu serta kegiatan muhadharah yang terbagi menjadi dua yaitu muhadharah harian yang dilaksanakan setiap hari kecuali hari Jum’at dan Sabtu dan muhadharah mingguan yang dilaksanakan 2 pekan sekali pada hari Senin. Untuk manajemen, kegiatan dakwah salat juhur berjamaah dan muhadharah MA Sabilal Muhtadin sudah menerapkan fungsi manajemen dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan. Perencanaan yang dilakukan sudah tersusun sedemikin rupa, pelaksanaan sudah sesuai dengan susunan perencanaan walaupun mengalami sedikit perubahan, pengawasan atau evaluasi rutin dilakukan sesuai dengan sistem yang sudah di jalankan. Kekurangan dalam manajemen kegiatan salat juhur berjamaah dan muhadharah MA Sabilal Muhtadin di Desa Jaya Karet adalah pengorganisasian yang masih kurang jelas baik dari struktur maupun pembagian tugas yang masih tidak tertulis.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:24
Last Modified: 23 Jul 2019 07:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12302

Actions (login required)

View Item View Item