EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Novel 5 Titik 1 Koma Karya Muhammad Kamal Ihsan Perspektif Tasawuf al-Ghazali

Khairatun, Nisa (2019) Novel 5 Titik 1 Koma Karya Muhammad Kamal Ihsan Perspektif Tasawuf al-Ghazali. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (779kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (326kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan mengingat pentingnya tasawuf sebagai ruh Islam di tengah modernitas yang mengikis aspek moralitas dan spiritualitas manusia. Ajaran tasawuf saat ini tidak hanya diajarkan secara formal seperti pengajian, namun juga disampaikan melalui karya sastra seperti novel sehingga menarik minat masyarakat. Novel 5 Titik 1 Koma karya Muhammad Kamal Ihsan merupakan salah satu novel yang berisi ajaran tasawuf dan bersifat aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan mengangkat rumusan permasalahan yang mencakup isi novel 5 Titik 1 Koma karya Muhammad Kamal Ihsan dan melihat novel tersebut perspektif tasawuf Al-Ghazali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Yaitu berupa studi dokumen atau teks, yang jika meneliti sebuah karya sastra (fiksi), selain menginterpretasi isi dokumen sebuah karya yang terpisah dari penulisnya, juga untuk menggali pikiran seseorang yang tertuang dalam karya sastra tersebut. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi (Content Analysis), yaitu menganalisis dimensi tasawuf yang terdapat dalam novel 5 Titik 1 Koma. Dalam hal ini penulis menggunakan analisis isi eksplanatif, yaitu analisis isi yang di dalamnya terdapat pengujian hipotesis tertentu, juga membuat hubungan antara satu variabel dan variabel lain. Penulis mengungkapkan beberapa variabel berupa aspek tasawuf yang terdapat dalam novel 5 Titik 1 Koma karya Muhammad Kamal Ihsan, dan melihat hubungannya dengan tasawuf dalam perspektif Al-Ghazali. Adapun hasil dari penelitian ini mencakup tiga hal yaitu: pertama, isi novel ini terdiri dari unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik telah sesuai dengan kaidah penulisan sebuah karya sastra berbentuk novel. Kedua, menurut perspektif Al-Ghazali novel ini mengandung maqamat yaitu tingkatan spiritual yang telah dicapai dan merupakan hasil dari kesungguhan serta perjuangan terus menerus. Maqâmât yang terkandung dalam novel ini yaitu: taubat, sabar-syukur, zuhud, tawakkal, mahabbah (cinta), ikhlas, dan jujur.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Khairatun Nisa Baderudin
Date Deposited: 31 Jul 2019 06:59
Last Modified: 31 Jul 2019 07:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12592

Actions (login required)

View Item View Item