EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Strategi Active Learning Pada Mata Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas VII MTsN 4 Banjar

Husaini, Husaini (2019) Penerapan Strategi Active Learning Pada Mata Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas VII MTsN 4 Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (272kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7kB)

ABSTRAK

Active Learning merupakan langkah cepat, tepat dan menyenangkan, karena Active Learning merupakan sebuah proses yang melibatkan siswa aktif dalam artian siswa terlibat langsung baik berupa aktifitas fisik, mental, ataupun keduanya. Sehingga siswa mampu mengubah tingkah laku yang kurang aktif menjadi aktif, tetapi bukan berarti seorang guru hanya sebagai penonton, melainkan sebagai fasilitator, pembimbing, serta sebagai pengarahdalam sebuah proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang terjun langsung kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai Penerapan Strategi Active Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII MTsN 4 Banjar. Sedangkan subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan seluruh kelas VII B yang berjumlah 20 di MTsN 4 Banjar. Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah koleksi data, editing, koding dan interpretasi kemudian dianalisi menggunakan analisis deskriptif kualitatif Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Strategi Active Learning pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTsN 4 Banjar terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari dari beberapa tahapan seperti perencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi. Dalam perencanaan, guru telah mempersiapkan RPP dan silabus. Selanjutnya dalam proses pembelajaran, guru melaksanakan dengan menggunakan strategi, Index Card Match, Group Risum Dan Everyone Is A Teachear Here. Sedangkan dalam tahapan evaluasi, guru menggunakan tes lisan berdasarkan indikator yang telah guru buat, Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi Active Learning pada pembelajaran fiqih di MTsN 4 Banjar yaitu, Faktor guru yang dapat dilihat dari latar belakang yang dimana guru tersebut sudah memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang pelajaran yang diajarkan serta memiliki pengalaman mengajar selama 14 tahun, faktor siswa yang mencakup minat belajar yang mendukung dan perhatian siswa yang cukup baik dalam mengikuti peroses pembelajaran, faktor situasi dan kondisi yang diciptakan guru sebaik mungkin dengan melakukan interaksi yang intens antara guru dan siswa membiat situasi kelas menjadi kondusif, faktor fasilitas yang dapat dilihat dari fasilitas sekolah yang cukup memadai.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Psikologi Islam
Depositing User: skripsi Husaini Husaini
Date Deposited: 28 Oct 2019 06:57
Last Modified: 28 Oct 2019 06:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

View Item View Item