EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kedisiplinan Shalat Zuhur Berjamaah Siswa Kelas XI di MA Al-Istiqamah Banjarmasin

Khairussibyan, Khairussibyan (2019) Kedisiplinan Shalat Zuhur Berjamaah Siswa Kelas XI di MA Al-Istiqamah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (585kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (592kB)

ABSTRAK

Shalat berjamaah merupakan salah satu syiar Islam, ia dapat menjadi media pemersatu hati kaum muslimin, dan hendaknya dilaksanakan secara rutin. Karena hal ini merupakan usaha yang sangat berharga dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari faktor minat dan pengetahuan agama yang dimiliki siswa, motivasi yang diberikan orangtua dan gurunya di sekolah atau faktor lingkungan yang agamis.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan shalat zuhur berjamaah dan faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan shalat zuhur berjamaah siswa kelas XI di MA Al-Istiqamah Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang terjun ke lapangan untuk menggali dan mengumpulkan data yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah kedisiplinan shalat zuhur berjamaah serta faktor yang mempengaruhi kedisiplinan shalat zuhur berjamaah siswa MA Al-Istiqamah Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah adalah 15 orang siswa kelas XI MA Al-Istiqamah Banjarmasin. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara wawancara, observasi, dan dokumenter. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui tahap Reduksi Data, Penyajian Data dan Analisis Data. Berdasarkan hasil penyajian dan analisis data diperoleh simpulan bahwa kedisiplinan shalat zuhur berjamaah siswa kelas XI di MA Al-Istiqamah Banjarmasin sudah baik dengan pendekatan pembiasaan dari guru, karena dari sekian banyak siswa kelas XI hampir semuanya sudah mengikuti shalat berjamaah tepat waktu. Meskipun, ada beberapa siswa yang kadang telat dan tidak bisa mengikuti dengan berbagai macam kendala. Adapun faktor yang mempengaruhi kedisiplinan shalat zuhur berjamaah diantaranya adalah peserta didik, lingkungan sekolah,lingkungan masyarakat dan sarana prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Khairussibyan M. Darsani
Date Deposited: 29 Oct 2019 06:34
Last Modified: 29 Oct 2019 06:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12979

Actions (login required)

View Item View Item