EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin

Hasanah, Faridah (2019) Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Di era persaingan global yang ketat, sumber daya manusia dianggap sebagai aset yang paling penting dalam suatu organisasi baik dalam skala besar maupun kecil, seorang pegawai merupakan investasi paling berharga di dalam organisasi yang menjadi aset utama bahkan menjadi faktor penentu atas keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai tujuannya. Untuk itu sangat diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas, kualitas sumber daya manusia dapat dilihat dari kinerjanya, oleh karena itu upaya-upaya untuk meningkatkan kinerja pegawai merupakan tantangan yang paling serius bagi sebuah organisasi. Manusia sebagai makhluk sosial, tidak akan bisa lepas dari manusia lainnya, begitupun dengan seorang pegawai. Seseorang yang bekerja akan sangat membutuhkan orang lain, baik dari segi fisik maupun psikis, hal ini berkaitan dengan dukungan sosial oleh orang-orang disekitarnya. Dukungan sosial mungkin saja datang dari berbagai pihak, tetapi dukungan sosial yang amat bermakna adalah dukungan sosial yang bersumber dari mereka yang memiliki kedekatan emosional, seperti keluarga. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data berupa skala Likert, skala dukungan sosial yang terdiri dari 35 aitem dan skala kinerja 22 aitem ini sudah di uji kevalidannya dan kereliabilitasannya, dengan nilai reliabel 0,927 untuk skala dukungan sosial dan 0,838 untuk skala kinerja. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dengan jumlah subjek sebanyak 47 pegawai. Uji hipotesis menggunakan uji Regresi Linear Sederhana dengan bantuan SPSS 22.0 for Windows. Hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa dukungan sosial keluarga berada pada kategori sedang (74,5%) dan kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin juga berada pada kategori sedang (70,2%). Uji normalitas sebesar 0,056 (0,056 > 0,05), data berdistribusi normal. Adapun linearitas sebesar 0,002 (0,002 < 0,05), data bersifat linear. Hasil uji validitas untuk aitem dukungan sosial keluarga terdapat 35 aitem valid dan 13 aitem gugur, sedangkan untuk aitem kinerja terdapat 22 aitem valid dan 26 aitem gugur. Hasil reliabilitas untuk dukungan sosial keluarga sebesar 0,927 dan kinerja sebesar 0,838. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana diketahui nilai signifikansi 0,003 (0,003 < 0,05), kemudian peneliti juga melakukan uji pada koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel dukungan sosial keluarga terhadap kinerja, dan didapatkan R Square sebesar 18,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin sebesar 18,3%.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FARIDAH HA FARIDAH HASANAH FARIDAH HASANAH
Date Deposited: 01 Nov 2019 05:47
Last Modified: 01 Nov 2019 05:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13141

Actions (login required)

View Item View Item