EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kolaborasi Antara Guru BK Dan Wali Kelas Dalam Pemberian Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMPN 10 Banjarmasin

Halimah, Noer (2019) Kolaborasi Antara Guru BK Dan Wali Kelas Dalam Pemberian Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMPN 10 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (44kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (516kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (840kB)

ABSTRAK

Layanan bimbingan dan konseling yang efektif tidak mungkin terlaksana dengan baik tanpa adanya kolaborasi (kerjasama). Salah satu keuntungan dari kolaborasi disekolah adalah mempermudah guru BK dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling, terutama berkolaborasi dengan pihak wali kelas. Maka, dalam penelitian ini maka peneliti bertujuan untuk mengetahui bentuk kolaborasi antara guru BK dan wali kelas serta faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan kolaborasi di SMPN 10 Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelian lapangan (field research) dan objek dalam penelitian ini adalah mengenai bentuk kolaborasi antara guru BK dan wali kelas di SMPN 10 Banjarmasin serta faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan kolaborasi di SMPN 10 Banjarmasin. Subjek penelitian adalah 1 orang guru BK dan 3 orang wali kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumenter. Setelah data terkumpul, data diproses melalui mencatatan data, reduksi data, kategorisasi, identifikasi data, dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data, layanan yang diberikan guru BK dalam pelaksanaan kolaborasi dengan wali kelas adalah layanan konseling individual, bimbingan kelompok, dan konseling kelompok. Bentuk kolaborasi guru BK dan wali kelas dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling ada 3 yakni penanganan siswa bermasalah, pemberian motivasi , alihtangan kasus. Kolaborasi tersebut termasuk dalam jenis kolaborasi sekunder dan media pendukungnya adalah sistem poin dan buku rujukan. Faktor pendukung kolaborasi antara guru BK dan wali kelas dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling terdapat pada guru BK, wali kelas, peserta didik, sarana dan sarana, dan waku yang tersedia. Faktor penghambat dalam kolaborasi antara guru BK dan wali kelas adalah kurangnya kesadaran dari diri siswa untuk memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling disekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: NOER HALIMAH -
Date Deposited: 01 Nov 2019 01:39
Last Modified: 01 Nov 2019 07:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13149

Actions (login required)

View Item View Item