EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam di Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin

Iqbal, Muhammad (2019) Manajemen Pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam di Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Kata Kunci : Manajemen, Pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam Latar belakang masalah penelitian ini adalah karena pentingnya manajemen masjid dalam menjalankan fungsinya. Salah satu masjid besar dan tertua di Banjarmasin adalah Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin. Masjid ini telah meraih juara 3 paripurna nasional untuk semua bidang, baik bidang ta’mir, bidang ri’ayah, bidang idarah dan bidang pemeliharaannya. Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin tidak hanya sebagai tempat ibadah semata namun juga sebagai tempat pendidikan, pengajaran, kegiatan sosial, tempat mengembangkan ekonomi, dan tempat musyawarah. Salah satu kegiatan yang banyak menarik perhatian puluhan ribu jamaah adalah Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), sehingga manajemen pelaksanaan PHBI ini sangat penting diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriftif kualiltatif yang bertujuan untuk mengetahui manajemen pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam di Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin. Pengumpulan dilakukan dengan observasi,wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Dewan Pengurus Masjid (DPM) Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin tahun kepengurusan 2017-2022. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin telah menerapkan fungsi manajemen untuk pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam meliputi Planing, Organizing, Actuating dan Controlling. Untuk fungsi perencanaan Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin, meliputi kegiatan perencanaan jumlah konsumsi yang dibutuhkan sehingga dapat menentukan berapa jumlah dana yang dibutuhkan, mempersiapkan kelengkapan masjid yang sudah tersedia apakah masih layak dipakai atau tidak serta hal-hal lain untuk proses kelancaran kegiatan tersebut, menentukan siapa saja yang akan diundang, tata kelola lalu lintas, parkir serta keamanan kegiatan, dan pembagian kerja pengurus inti masjid masing-masing bidang beserta penanggung jawabnya. Fungsi pengorganisasian di Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin di Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin tersusun di setiap bidang, di antaranya dari pengurus masjid, pengurus Majta, dan relawan masjid dan semuanya tersusun dibawah koodinasi oleh ketua setiap bidangnya. Untuk fungsi penggerakkan yang ada di masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin dilakukan oleh atasan setiap bidang untuk melakukan motivasi, dorongan, arahan serta komunikasi. Pengawasan yang ada di Masjid Jami’ Sungai juga dilakukan oleh pihak penangggung jawab setiap bidang, memantau kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi serta memberikan solusi apa yang akan dilakukan setiap kondisi yang di luar rencana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Iqbal Muhammad Iqbal Muhammad IqbalMuhammad Iqbal (1501360934)
Date Deposited: 11 Dec 2019 02:40
Last Modified: 11 Dec 2019 02:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13291

Actions (login required)

View Item View Item