EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak TK B3 PAUD Sandhy Putera Banjarbaru

Yuliana, Kartika (2020) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak TK B3 PAUD Sandhy Putera Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (947kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman Nilai-nilai Agama Islam pada TK B3 PAUD Sandhy Putra Banjarbaru, bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama islam pada anak usia dini, Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Penanaman Nilai-nilai Agama Islam pada TK B3 PAUD Sandhy Putra Banjarbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak TK B3 PAUD Sandhy Putra Banjarbaru, guru kelas dan kepala sekolah. Sedangkan objek penelitiannya adalah Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak TK B3 Paud Shandy Putera Banjarbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Milles dan Huberman yang dilakukan secara interaktif dengan tahap pengumpulan data berupa tahap reduksi, tahap penyajian data, dan tahap penyajian data, dan tahap kesimpulan data dalam bentuk pengkodean (coding). Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan interpretasi data. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam yang ditanamkan kepada anak meliputi nilai-nilai keimanan, nilai-nilai ibadah dan nilai-nilai akhlak. Nilai-nilai tersebut ditanamkan oleh guru melalui metode yang variatif. Pelaksanaan memiliki beberapa tahapan kegiatan diantaranya kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 2) Metode yang cenderung digunakan guru untuk penanaman nilai-nilai agama islam dengn menggunakan metode bercerita, metode demontrasi, metode karya wisata, metode bermain, metode keteladanan, metode pembiasan, metode tanya jawab, dan metode simulasi. 3) Faktor- faktor yang mempengaruhi meliputi: Anak, Guru dan Keluarga. Faktor pendukung diantaranya pendidik memiliki kemampuan menyampaikan ajaran agama islam. Dan dalam penanaman akhlakul karimah kepada anak yaitu meliputi: berperilaku jujur, penolong, dan sopan santun dalam bertindak dan berbicara.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 17 Jan 2020 01:32
Last Modified: 17 Jan 2020 01:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13514

Actions (login required)

View Item View Item