EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Teknik Komunikasi K.H. Syaifuddin Zuhri Dalam Dakwah Islamiyah

Rivani, Muhammad Ardi Lingga (2019) Teknik Komunikasi K.H. Syaifuddin Zuhri Dalam Dakwah Islamiyah. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Dakwah berasal dari Bahasa Arab yang berarti seruan, ajakan, atau panggilan. Dakwah menjadi suatu keharusan bagi setiap individu muslim dan muslimah untuk mensyiarkan nilai – nilai ajaran agama Islam. Penelitian ini dilandasi pemikiran bahwa dakwah bisa dilakukan dengan berbagai macam teknik, diantaranya adalah teknik komunikasi informatif, persuasif, koersif dan manusiawi. Dakwah dengan menggunakan teknik tersebut bisa diterapkan diberbagai macam tempat, salah satu nya di Majlis Taklim Bani Ismail yang dipimpin oleh K.H. Syaifuddin Zuhri yang berlokasi di Jl. Banjar Indah Permai Raya, Komplek Kayu Kuku Ujung, Pemurus Dalam Banjarmasin Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik komunikasi dan respon jamaah terhadap materi yang disampaikan oleh K.H. Syaifuddin Zuhri dalam dakwah islamiyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penulis mengumpulkan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi langsung ke lapangan yang berada di Majlis Taklim Bani Ismail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik komunikasi K.H. Syaifuddin Zuhri yang berdakwah melalui Majlis Taklim Bani Ismail, yakni menggunakan Teknik Informatif dan Persuasif. Teknik Informatif pada Majlis Taklim K.H. Syaifuddin Zuhri banyak ilmu yang bermanfaat serta menyangkut kepada Akidah, Syariah, dan Akhlak. Teknik Persuasif yang dilakukan beliau bertujuan untuk mengubah sikap, pendapat, atau perilaku jamaah yang lebih menekan sisi psikologis jamaah. Respon jamaah terhadap materi yang disampaikan K.H. Syaifuddin Zuhri dalam dakwah islamiyah disambut dengan positif yang mana jamaah banyak memahami dan menangkap dengan baik materi yang disampaikan. Dengan menggunakan teknik komunikasi informatif dan persuasif yang diterapkan serta disampaikan terbukti efektif, maka jamaah merespon materi dengan antusias dan tidak mengantuk saat beliau menayampaikan isi pesan dakwah yang disampaikan seperti keadaan dilapangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 29 Jan 2020 07:33
Last Modified: 29 Jan 2020 07:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13581

Actions (login required)

View Item View Item