EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Organisasi Kepalangmerahan dalam Membentuk Sifat Empati Sebagai Sarana Pembinaan Akhlak di Korps Sukarela Unit UIN Antasari Banjarmasin.

Arikoh, Laiyin (2020) Peran Organisasi Kepalangmerahan dalam Membentuk Sifat Empati Sebagai Sarana Pembinaan Akhlak di Korps Sukarela Unit UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
pernyataan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. Awal Ar-Rahman rev..pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK Laiyin.pdf

Download (8kB)
[img] Text
2. BAB I Ar-Rahman rev..pdf

Download (640kB)
[img] Text
3. BAB II Ar-Rahman rev..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III Ar-Rahman rev..pdf

Download (186kB)
[img] Text
5. BAB IV Ar-Rahman.pdf

Download (359kB)
[img] Text
6. BAB V Ar- Rahman rev..pdf

Download (6kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA Ar-Rahman rev..pdf

Download (368kB)
[img] Text
8. Lampiran Ar-Rahman.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Empati adalah sifat kepedulian yang tidak hanya ditunjukkan dengan kata-kata atau perasaan iba, namun juga disertai dengan tindakan seperti memberikan pertolongan, bersifat peduli dan tidak mementingkan ego diri sendiri, sifat tersebut diajarkan diorganisasi kepalangmerahan. Peran organisasi kepalangmerahan dalam membentuk sifat empati sebagai sarana pembinaan akhlak di Korps Sukarela Unit UIN Antasari Banjarmasin berupa pelatihan, pendidikan dasar, pembiasaan, praktik dan simulasi sehingga anggota KSR tumbuh menjadi pribadi yang bersifat empati terhadap sesama. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana peran organisasi kepalangmerahan dalam membentuk sifat empati sebagai sarana pembinaan akhlak di Korps Sukarela Unit UIN Antasari Banjarmasin dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang anggota KSR PMI Unit UIN Antasari Banjarmasin. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran organisasi kepalangmerahan dalam membentuk sifat empati sebagai sarana pembinaan akhlak di Korps Sukarela Unit UIN Antasari Banjarmasin meliputi kepedulian sosial, pertolongan pertama, donor darah, tolong menolong dan penggalangan dana. Sifat tersebut dibina saat pra-Diksar dan Diksar. Adapun faktor yang mendukung antara lain karena adanya kesadaran diri dari para anggota palangmerah akan identitas dirinya dan adanya pembelajaran yang terus menerus dari para senior baik dalam ruangan maupun diluar ruangan. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain ada rasa takut atau ketidakpercayaan diri untuk memberikan pertolongan kepada orang lain dan masih adanya sifat egois dalam diri yang sulit untuk dikendalikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 07 Feb 2020 07:20
Last Modified: 07 Feb 2020 08:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13623

Actions (login required)

View Item View Item