EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Fikih Model SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin

Budiman, Muhammad (2019) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Fikih Model SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (724kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (547kB)

ABSTRAK

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan beberapa komponen, yaitu pendidik, peserta didik, dan komponen lainnya dalam proses belajar-mengajar yang saling mempengaruhi satu sama lain dalam rangka tercapainya tujuan yang telah ditentukan. Pembelajaran fikih berarti proses belajar mengajar tentang ajaran Islam dalam segi hukum syara` yang dilaksanakan didalam kelas antara guru dan peserta didik dengan materi dan strategi pembelajaran yang telah direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Agama Islam (PAI) materi fikih model SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin dan untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Pembelajaran Agama Islam (PAI) materi fikih model SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran fikih dan siswa-siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi fikih model SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin dan Faktor pendukung dan penghambat dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Islam Terpadu (PAI) materi fikih model SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi fikih model SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin. dari segi perencanaannya guru fikih SMP Islam Terpadu Insan Madani terlaksana dengan semestinya yaitu menggunakan RPP. Dari segi Pelaksanaannya terlaksana dengan baik, terlihat dengan metode dan strategi yang biasa digunakan pada saat pelaksanaan pembelajaran yaitu metode ceramah dan tanya jawab, strategi demontrasi dan Modeling The Way. Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi fikih model sekolah SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin tersebut menggunakan kitab kuning berbahasa melayu yakni kitab “Tangga Pelajaran Ibadah” guru membacakan dan peserta didiknya menjaga serta meartikan jika terdapat bahasa yang tidak dimengerti. Evaluasi pembelajaran dengan praktek langsung yang dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin mengenai pembelajaran fikih Ibadah yang diajarkan. Faktor pendukung dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi fikih model SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin adalah kurikulum, program, guru, peserta didik (minat belajar dan perhatian), dan sarana prasarana. Faktor penghambat hanyalah keadaan peserta didik (banyak siswa yang sering sakit).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: muhammad budi budiman
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:07
Last Modified: 18 Feb 2020 08:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13662

Actions (login required)

View Item View Item