EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan Berbasis Multiple Intelligences Yayasan Bina Insan Madani Banjarmasin

Rasyidawati, Mia (2019) Bimbingan Keagamaan Berbasis Multiple Intelligences Yayasan Bina Insan Madani Banjarmasin. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (576kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (480kB)

ABSTRAK

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah karena bimbingan keagamaan sebagai bentuk dari dakwah Islamiyah menjadi metode dakwah yang bersifat intensif dan berkesinambungan. Menyadari betapa pentingnya bimbingan keagamaan dalam dakwah, maka semakin banyak pendekatan-pendekatan yang bisa diaplikasikan dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan, salah satunya dengan melakukan pendekatan melalui ranah psikolog kognitif menurut teori Howard Gardner yakni multiple intelligence atau kecerdasan majemuk dalam diri manusia yang digunakan oleh Yayasan Bina Insan Madani dengan SDIT Al-Firdausnya dalam setiap pembelajarannya dan program bimbingan keagamaannya. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bagaimana proses pelaksanaan bimbingan keagamaan dengan pendekatan multiple intelligences, beserta faktor pendukung dan penghambat yang ada didalamnya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisa dengan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (Conclusion Drawing/Verification). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan dengan multiple intelligences harus dimulai dengan multiple intelligences research kemudian pelaksanaan dalam bimbingan keagamaan dapat mengikuti sebagaimana mestinya bimbingan keagamaan diprogramkan, tetapi multiple intellignces dijadikan sebagai pendekatan khusus yang dapat digunakan dalam mencapai keberhasilan target program keagamaan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan berbasis multiple intelligences terletak pada kemampuan, kreativitas, kesabaran pembimbing dan media pendukung. Faktor penghambat dalam bimbingan keagamaan berbasis multiple intelligences karena pembimbing yang kurang menguasai dan memahami konsep multiple intelligences, pembimbing yang kurang kreatif dalam menerapkan konsep multiple intelligences, pembimbing yang kurang sabar, dan media yang kurang mendukung penerapan konsep multipple intelligences. Kata Kunci: Bimbingan agama, Multiple Intelligences.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MIA MIA RASYIDAWATI MIA RASYIDAWATI
Date Deposited: 03 Apr 2020 06:46
Last Modified: 03 Apr 2020 06:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13997

Actions (login required)

View Item View Item