EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Orang Tua Dalam Mengatasi Sibling Rivalry di Kelurahan Pekapuran Raya Kecamatan Banjarmasin Timur

Hamsiah, Hamsiah (2020) Strategi Orang Tua Dalam Mengatasi Sibling Rivalry di Kelurahan Pekapuran Raya Kecamatan Banjarmasin Timur. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (610kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang strategi yang digunakan orang untuk mengatasi sibling rivalry karena rentan terjadi pada anak yang mereka berusia saling berdekatan untuk mengantisipasi terjadinya perselisihan, kecemburuan, kebencian diantara setiap anak. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perilaku sibling rivalry dan strategi orang tua dalam mengatasi sibling rivalry di Kelurahan Pekapuran Raya Kecamatan Banjarmasin Timur.Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitiannya adalah 3 (Tiga) keluarga yang memiliki anak usia saling bedekatan sedangkan Objek penelitian adalah tentang strategi ort cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis melalui editing, kategorisasi, skoring, tabulating dan interprestasi. Berdasarkan hasil penelitian analisis data, diperoleh disimpulkan bahwa perilaku Sibling rivalry seperti memukul, berteriak pada waktu anak merasa tidak suka, membangkang dengan orang tua bentuk protes akan perlakuan orang tua, sering mengadukan terhadap saudara, marah pada saat apa yang diinginkan tidak terpenuhi, serta menjauhi terhadap saudara, dan melempar barang yang ada disekitar. Sedangkan strategi orang tua mengatasi anak saat mengalami ketidakakuran memiliki perbedaandan persamaan dengan cara seperti, menjauhkan salah satu anak, mencubit, memarahi, memukul, tidak membandingkan akan setiap anak, membiarkan anak menjadi dirinya sendiri, membiasakan anak bekerjasama, memberikan pemahaman kepada setiap anak akan perilaku positif dan negatif, sikap adil, saat mengalami perselisihan hindari menyalahkan salah satu anak, sikap sabar serta memberikan nasehat saat anak mengalami perselisihan. Sedangkan faktor sibling rivalry yang mempengaruhi adalah sikap orang tua yang membeda-bedakan, jenis kelamin, perbedaan usia, jumlah saudara, serta latar belakang dan pendidikan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Meri Susan Meri Susan Meri Susan
Date Deposited: 15 Jun 2020 01:57
Last Modified: 15 Jun 2020 01:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14116

Actions (login required)

View Item View Item