EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Program Tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kelayan A Murung Raya Banjarmasin

Ansar, Muhammad (2020) Implementasi Program Tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kelayan A Murung Raya Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (665kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Salah satu bentuk kegiatan yang ada di Pondok Pesantren adalah adanya pembelajaran Al-Qur’an. Seperti Pondok Pesantren Al-Hikmah yang menjalankan program pembelajaran Al-Qur’an khususnya program pembelajaran tahfizh Al-Qur’an. Implementasi program tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hikmah adalah kegiatan yang dilakukan dalam dua betuk kegiatan. Yaitu kegiatan intra kulikuler dan ektra kulikuler yang dalam pelaksanaannya mempunyai tempat dan waktu yang berbeda. Untuk kegiatan intra kulikuler dan ekstra kulikuler ini wajib diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren Al-Hikmah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Pelaksanaan program tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kelayan A Murung Raya Banjarmasin, (2) faktor pendukung dan penghambat program tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kelayan A Murung Raya Banjarmasin. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan seperti; wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Pengasuh Yayasan Pondok Pesantren Al-Hikmah, Koordinator bidang tahfizh, dan santri Pondok Pesantren Al-Hikmah. Sedangkan objek penelitian adalah implementasi program tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kelayan A Murung Raya Banjarmasin serta faktor pendukung dan penghambat di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kelayan A Murung Raya Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam implementasi program tahfizh Al-Qur’an yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Hikmah sangat memberikan kontribusi bagi santri maupun masyarakat setempat. Berdasarkan hasil penelitian implementasi program tahfizh memiliki beberapa tahapan, seperti; 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Evaluasi program. Tahap perencanaan berupa yaitu; (1). Merumuskan tujuan yang ingin dicapai dalam program tahfizh, (2). Menentukan alokasi waktu pelaksanaan, (3). Menentukan materi tahfizh, (4). Menentukan evaluasi program tahfizh. Tahap pelaksanaan yaitu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah dirumuskan seperti, alokasi waktu, materi yang digunakan dalam program tahfizh dan metode yang digunakan dalam program tahfizh.Tahap evaluasi dilakukan setiap setoran hafalan setiap hari yang disesuaikan dengan kemampuan santri, kemudian setoran moraja’ah diadakan setiap Ujian Akhir Semester (UTS). Adapun yang menjadi faktor pendukung seperti; niat, kesehatan fisik dan psikis, adanya penghargaan (reward) dan beasiswa, serta fasilitas yang ada. Sedangkan faktor penghambat seperti: rasa malas, waktu yang padat, dan lingkungan tempat tinggal santri baik lingkungan keluarga ataupun lingkungan masyarakat setempat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rian Nor R Rian Nor Rizki Rian Nor Rizki
Date Deposited: 26 Jun 2020 01:05
Last Modified: 26 Jun 2020 01:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14264

Actions (login required)

View Item View Item