EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa di MAN 1 Tapin

Aryanti, Rizki Nia (2020) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa di MAN 1 Tapin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (660kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (915kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan di luar jam kurikulum sekolah atau bisa disebut kegiatan tambahan untuk siswa di luar jam pelajaran dalam meningkatkan minat dan bakat siswa. Kegiatan ekstrakurikuler di MAN 1 Tapin apakah berkontribusi terhadap prestasi belajar siswa. Sehingga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kegiatan ekstrakurikuler, tingkat prestasi belajar dan ada tidaknya pengaruh kegiatan ekstarkurikuler terhadap prestasi belajar siswa di MAN 1 Tapin tahun ajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menggunakan pengukuran dan memerlukan data statistik. Proses pengumpuan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi yang berhubungan dengan kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi belajar siswa di MAN 1 Tapin. Adapun sampel yang diteliti yaitu siswa kelas XI dan XII di MAN 1 Tapin. Data tersebut dikumpulkan dengan teknik editing, coding, scoring dan tabulating yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan perhitungan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa dari hasil analisis dengan menggunakan regresi sederhana diperoleh koefisien korelasi rhitung 0,344 > dari rtabel 0,138 dengan nilai sig. 0,00 l < dari 0,05 dengan taraf kesalahan 5%. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,118. Setelah dilakukan uji t diperoleh thitung 5.046 > dari ttabel 1.973 dengan nilai sig 0,00 < dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa di MAN 1 Tapin sebesar 11.8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Rofi'ah Rofi'ah
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:31
Last Modified: 29 Jun 2020 03:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14281

Actions (login required)

View Item View Item