EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Alquran di Ma’had Umar Kecamatan Banjarmasin Timur

Hapipah, Hapipah (2020) Pembelajaran Alquran di Ma’had Umar Kecamatan Banjarmasin Timur. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (917kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (388kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pokok permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pembelajaran Alquran di Ma’had Umar Kecamatan Banjarmasin Timur apakah sudah efektif atau belum dari segi pandangan santriwati maupun menurut pandangan masyarakat. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan solusi yang tepat dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran Alquran yang ada di Ma’had tersebut. Penelitian ini juga dapat bermanfaat untuk mengembangkan dan memperluas wawasan Islam, khususnya pada masalah yang diteliti serta membuktikan bahwa pembelajaran yang ada di Ma’had Umar sudah efektif atau belum. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai pembelajaran Alquran di Ma’had Umar Kecamatan Banjarmasin Timur yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Alquran di Ma’had Umar Kecamatan Banjarmasin Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan analisisnya pada proses pengumpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Objek dalam penelitian ini adalah mengenai pembelajaranAlquran di Ma’had Umar Kecamatan Banjarmasin Timur, sedangkan yang manjadi subjek penelitiannya adalah santriwati dan ustadzah di Ma’had Umar Kecamatan Banjarmasin Timur. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumenter. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses koleksi data, editing dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa pembelajaran Alquran di Ma’had Umar Kecamatan Banjarmasin Timur sudah efektif, program pembelajaran dilaksanakan melalui: (1) perencanaan terhadap hafalan Alquran santriwati dan memperhatikan terhadap perkembangan bacaan Alquran santriwati (2) melaksanakan kegiatan pembelajaran Alquran dengan intensif serta metode yang bisa memudahkan santriwati dalam menghafal Alquran dan (3) mengevaluasi hafalan santriwati dalam tiga bulan sekali untuk mengetahui kualitas hafalan dan ingatan santriwati terhadap hafalan Alqurannya dengan cara menguji lewat sambung ayat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wita Islamiah Islamiah
Date Deposited: 29 Jun 2020 05:23
Last Modified: 29 Jun 2020 05:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14293

Actions (login required)

View Item View Item