EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

EFEKTIVITAS METODE MURAJA’AH TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS V SD ISLAM TERPADU AL KHAIR BARABAI

Rizqi, Novita (2020) EFEKTIVITAS METODE MURAJA’AH TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS V SD ISLAM TERPADU AL KHAIR BARABAI. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (545kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Novita Rizqi, 2020. Efektivitas Metode Muraja’ah Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Pada Siswa Kelas V Sd Islam Terpadu Al Khair Barabai, skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pembimbing: (I) Siti Shalihah, S.Pd., MS. (II) Hafiz Mubarak, S.Th.I., M.Pd.I. Al-Qur’an merupakan pedoman bagi umat Islam yang wajib kita jaga. Salah satu cara kita sebagai umat muslim untuk menjaga kemurnian Al-Qur’an serta keasliannya yaitu dengan cara membacanya dengan berulang-ulang serta menghafalkannya. Dalam menghafal Al-Qur’an kita juga perlu menjaga hafalan supaya hafalan tetap kuat dan berkualitas, yaitu dengan sering muraja’ah atau mengulang-ulang hafalan karena hafalan yang tidak dimuraja’ah akan membuat si pemilik hafalan tersebut mudah lupa dan hilang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode muraja’ah hafalan siswa di SD Islam Terpadu Al Khair Barabai dan mengetahui efektivitas dari metode tersebut terhadap kualitas hafalannya. Populasi dalam penelitian ini adalah 28 siswa. Sampel penelitiannya juga 28 siswa, dengan penarikan sampel menggunakan Non Probability sampling jenis sampel jenuh yaitu semua dari anggota populasi dijadikan sampel. Jenis pendekatan yang dilakukan oleh penulis dalam hal ini adalah penelitian lapangan (filed research). Metode penelitian menggunakan metode campuran (mix methods). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hafalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengklarifikasian, coding, skoring, tabulating, dan interpretasi data, dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode muraja’ah dalam menjaga hafalan Al-Qur’an bertujuan agar kualitas hafalan siswa tetap terjaga dengan baik, dilakukan 2 kali dalam satu hari belajar di sekolah. Yang pertama dilakukan di pagi hari sebelum pelajaran tahfidz dimulai dan siang hari sebelum jam pelajaran siang dimulai. Muraja’ah pada pagi hari dilaksanakan secara bersama-sama dan muraja’ah siang dilaksanakan secara individual atau sendiri-sendiri. Metode muraja’ah efektif dalam menjaga hafalan Al-Qur’an, hal ini berdasarkan data hasil tes hafalan Al-Qur’an yang telah dilakukan kepada 28 orang siswa, dapat dilihat bahwa kualitas hafalan Al-Qur’an 12 orang siswa dalam kategori sangat baik, 15 orang siswa dalam kategori baik, dan 1 orang siswa dalam kategori cukup baik. Memperoleh hasil nilai 83% setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan rumus sehingga termasuk ke dalam kategori baik dan efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:19
Last Modified: 01 Jul 2020 02:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14330

Actions (login required)

View Item View Item