EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al- Islam Kabupaten Tabalong

Amin, Rahmatullah (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al- Islam Kabupaten Tabalong. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (876kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (378kB)

ABSTRAK

Pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudavaan Islam (SKI) di MTs Al-Islam Kabupaten Tabalong berusaha untuk mengembangkan peserta didik dengan pendekatan, strategi dan metode yang dapat mengaktifkan pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Islam Kabupaten Tabalong dan faktor-faktor vang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif. Subjek penelitian: seorang guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VII MTs. Objek penelitian: pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Islam Kabupaten Tabalong. Teknik pengumpulan data yang digunakan: teknik wawancara, observasi. dan dokumenter. Teknik pengolahan data yang digunakan: Reduksi data. penyajian data dan penarikan keimpulan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Seiarah Kebudavaan Islam (SKI) di MTs Al-Islam Kabupaten Tabalong cenderung cukup baik. Pelaksanaan Pembelaiaran Sejarah Kebudavaan Islam (SKI) pada kelas VII MTs dilakukan melalui: perencanaan pembelajaran yang terdiri dari silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tahap pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan yaitu kegiatan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup sudah berjalan secara lancar. Faktor-faktor yang menjadi pendukung sehingga pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik vaitu guru yang cukup profesional, kendatipun latar belakang guru tersebut belum bergelar S1 namun dalam pelaksanaan pembelajaran, guru cukup menguasai materi pelajaran yang diajarkan. Selain itu, faktor lainnya adalah minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran, sarana dan prasarana yang mencukupi dalam proses pembelajaran, lingkungan sosial sekolah yang harmonis antara guru dan peserta didik dan waktunya yang mencukupi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIDHO WAHY RIDHO WAHYUDI RIDHO WAHYUDI
Date Deposited: 17 Jul 2020 01:19
Last Modified: 17 Jul 2020 01:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14545

Actions (login required)

View Item View Item