EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Subjek dan Objek Pendidikan menurut Perspektif al- Qur’an (Telaah Surah al-Kahfi Ayat 60 – 82)

Maulidan, Khairi (2020) Subjek dan Objek Pendidikan menurut Perspektif al- Qur’an (Telaah Surah al-Kahfi Ayat 60 – 82). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (915kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Perkembangan teknologi dewasa ini sudah semakin canggih, sehingga dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap proses pendidikan. Dampak negatif di dalam pendidikan salah satu penyebabnya adalah kurangnya keimanan dalam memanfaatkan perkembangan zaman. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk membangun kembali pemahaman bagaimana cara menuntut ilmu, syarat dan karakteristik seorang guru dan murid yang baik dan benar, serta metode pembelajaran yang digunakan di era millenial ini sesuai dengan al-qur’an surah al-Kahfi ayat 60 – 82. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah al-qur’an surah al-Kahfi ayat 60 – 82. Sedangkan objek penelitiannya adalah syarat dan karakteristik guru dan murid, serta metode pembelajaran yang digunakan menurut al-qur’an surah al-Kahfi ayat 60 – 82. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah al-Qur’an surah al-Kahfi ayat 60 – 82. Sedangkan data sekundernya adalah tafsir al-Mishbah, tafsir al-Maraghi, tafsir Jalalain, tafsir Ibnu Katsir, dan tafsir al-Qurthubi, serta hadits-hadits dan literatur lain yang relevan dengan penelitian ini. Hasil analisis dari penelitian ini adalah syarat dan karakteristik guru meliputi, berilmu sebelum mengajar, mengetahui latar belakang keadaan murid, menguasai materi (kompetensi profesional), kompetensi kepribadian, menetapkan metode (kompetensi pedagogik), interaksi yang baik antara guru dan murid (kompetensi sosial), tegas, membuat aturan KBM, memberikan hukuman dan sabar terhadap kesalahan murid, serta menjelaskan materi. Sedangkan syarat dan karakteristik murid meliputi, sederhana dan menjalani sebuah proses, sedia dan setia, kritis, memiliki tekad yang kuat untuk belajar, sopan santun, tawadhu’, serta belajar kapan dan dimanapun. Kemudian metode pembelajaran yang digunakan guru yaitu, pembiasaan dan uswatun hasanah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 17 Nov 2020 00:59
Last Modified: 17 Nov 2020 00:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14902

Actions (login required)

View Item View Item