EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Potensi dan Pengembangan Usaha Perajin Kopi Di Desa Jati Baru Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar

Sholihin, Ahmad (2020) Potensi dan Pengembangan Usaha Perajin Kopi Di Desa Jati Baru Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh usaha kopi yang dilakukan oleh perajin kopi di Desa Jati Baru Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar, yang merupakan tempat satu-satunya pengolahan kopi yang ada di Kabupaten Banjar. Keberadaan usaha tersebut tentunya merupakan suatu upaya untuk terus menjaga kebutuhan ekonomi masyarakat setempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi dan pengembangan usaha kopi yang berada di Desa Jati Baru Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar tersebut. Penelitan ini adalah penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif. Masalah yang diteliti mengenai potensi usaha kopi dan pengembangan usaha kopi di Desa Jati Baru Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Data yang didapatkan dalam penelitian ini merupakan hasil dari dokumentasi dan wawancara. Wawancara dilakukan pada enam orang informan, lima orang sebagai perajin kopi dan satu Kepala Desa Jati Baru. Hasil penelitian ini menunjukkan dua kesimpulan. Pertama, dilihat dari segi potensi, ada potensi sumber daya manusia dan potensi khas daerah, yang mana perajin kopi ini masih terbatas, dibuktikan dengan masih terbatasnya perajin kopi, padahal seperti yang diketahui bahwa usaha kopi ini merupakan potensi khas daerah yang dimiliki oleh Kabupaten Banjar. Kedua, dilihat dari segi pengembangan usaha kopi, baik dari pengembangan kualitas kemampuan perajin, pengembangan produk kopi, pengembangan pemasaran usaha kopi, pengembangan dari segi bantuan pemerintah, kiranya perlu dimaksimalkan lagi untuk menghasilkan kopi yang berkualitas, produk yang bervariasi, serta memperluas pangsa pasar pemasaran usaha kopi ini. Tidak luput juga pengembangan dari segi bantuan pemerintah harus diperhatikan secara khusus baik dari pemerintah desa atau pemerintah yang terkait untuk terus mengembangkan usaha kopi yang berada di Desa Jati Baru Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Ahmad Sholihin S.E
Date Deposited: 04 Dec 2020 07:22
Last Modified: 04 Dec 2020 07:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14964

Actions (login required)

View Item View Item