EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KETERLIBATAN PERBANKAN SYARIAH DALAM PENGELOLAAN DANA ZISWAF MASJID AL-JIHAD BANJARMASIN UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR KAS SD MUHAMMADIYAH BANJARMASIN)

Saparyanti, Nuraina (2020) KETERLIBATAN PERBANKAN SYARIAH DALAM PENGELOLAAN DANA ZISWAF MASJID AL-JIHAD BANJARMASIN UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR KAS SD MUHAMMADIYAH BANJARMASIN). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
1 pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (199kB)
[img] Text
2 awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 abstrak.pdf

Download (266kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (752kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (359kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (780kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (327kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (274kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Masjid Al-Jihad Banjarmasin dalam pengelolaan dana wakafnya bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri. Sesuai fungsinya, masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan umat Islam, minimal jamaah yang berada di sekitarnya. Masjid menjadi lembaga yang menerima dana publik, baik berupa zakat, infak, sedekah, dan lebih khusus berupa wakaf. Dalam pengelolaannya, diperlukan keterlibatan pihak perbankan, khususnya perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan mengetahui dana wakaf Masjid Al-Jihad Banjarmasin yang dikelola oleh Bank Syariah Mandiri Kantor Kas (KK) Banjarmasin SD Muhammadiyah. Mengetahui bagaimana peran dana wakaf sebagai dana publik Islam bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya pada masyarakat sekitar banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penulis langsung turun kelapangandimana penelitian dilakukan mempelajari secara teratur tentang dana ziswaf yang diterapkan oleh Masjid Al- Jihad Banjarmasin (LAZIS-MU Al-Jihad) yang bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri. Data yang digunakan dalam penelitian ini data sekunder. Lokasi penelitian ini Jl. Cempaka Besar No.19 Kertak Baru Ulu Kecamatan Banjarmasin Tengah. Teknik analisis data penelitian ini deskriftif. Hasil riset dana ziswaf Masjid Al-Jihad Banjarmasin yang disetorkan ke Bank Syariah Mandiri Kantor Kas (KK) SD Muhammadiyah adalah tidak ada konsep perencanaan, akan tetapi pihak Bank Mandiri Kantor Kas (KK) SD Muhammadiyah Banjarmasin mau membagikan untuk kaum dhuafa melalui Masjid Al-Jihad Banjarmasin. Peran Bank Syariah Mandiri Kantor KAS (KK) SD Muhammdiyah Banjarmasin ada program I-Channel untuk memudahkan masyarkat banjarmasin untuk berinfaq dengan barcode BSM. Peran dana ziswaf Masjid Al-Jihad Banjarmasin sudah terjalankan untuk kesejahteraan masyarakat banjarmasin. Dalam masa pandemi Masjid Al-Jihad Banjarmasin terus menerus melakukan program dhuafa pada bulan mei 2020 dan rencananya program dhuafa akan terus berlanjut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 26 Jan 2021 01:13
Last Modified: 26 Jan 2021 01:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15118

Actions (login required)

View Item View Item