EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Sarana dan Prasarana pada Madrasah Aliyah di Kota Banjarmasin (Studi pada MAN 2 Model Banjarmasin)

Fahrurrazi, Muhammad (2021) Manajemen Sarana dan Prasarana pada Madrasah Aliyah di Kota Banjarmasin (Studi pada MAN 2 Model Banjarmasin). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (478kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses manajemen sarana dan prasarana di MAN 2 Model Banjarmasin meliputi proses perencanaan, pengadaan, penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penyimpanan dan penghapusan sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Model Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala madrasah bidang sarana dan prasarana, kepala tata usaha, staf sarana dan prasarana dan pegawai tata usaha. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan memalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini mengacu pada analisis kualitatif menurut Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: proses manajemen sarana dan prasarana meliputi perencanaan, pengadaan, penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penyimpanan dan penghapusan sarana dan prasarana. Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan dengan pengecekan langsung ke lapangan dan meminta informasi di ruangan guru, tata usaha dan laboratorium mengenai sarana dan prasarana yang mereka butuhkan. Setelah itu ada dilakukan rapat. Pengadaan sarana dan prasarana selalu menyesuaikan dengan rencana yang telah disusun bersama di awal saat perencanaan. Penyaluran sarana dan prasarana menyesuaikan dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya, setelah mendapatkan izin dari kepala madrasah, selanjutnya barang dibeli atau diadakan dan dilanjutkan ke tahap penyaluran. Inventarisasi sarana dan prasarana di MAN 2 Model Banjarmasin bekerja sama dengan KPKNL data inventaris akan diperbarui setiap tahunnya. Pemeliharaan sarana dan prasarana biasanya ada jangka waktu tertentu dan menyesuaikan informasi dari pihak yang memerlukan pemeliharaan dan perbaikan. Penyimpanan sarana dan prasarana ada mempunyai tempat penyimpanan khusus yaitu dua gudang yang dijadikan tempat penyimpanan sarana dan prasarana. Penghapusan sarana dan prasarana di awali dengan melakukan pencatatan barang-barang yang ingin dihapuskan, setelah itu diajukan kepada KPKNL untuk dilakukan penghapusan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:30
Last Modified: 03 Feb 2021 03:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15227

Actions (login required)

View Item View Item