EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBIASAAN TUMA’NINAH DALAM SHOLAT PADA SISWA SMPN 4 LANDASAN ULIN BANJARBARU

Afrida, Afrida (2021) PEMBIASAAN TUMA’NINAH DALAM SHOLAT PADA SISWA SMPN 4 LANDASAN ULIN BANJARBARU. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (562kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini berlatar belakang bahwa di SMPN 4 Landasan Ulin Banjarbaru beberapa anak yang minim akan sholatnya tidak hanya minim pada tuma’ninahnya tetapi ibadah sholatnya pun juga karena informasi yang mereka dapatkan tentang sholat dari guru dan orang tuanya barangkali kurang dipahami dan di tangkap oleh pola pikir anak maka membuat mereka beranggapan asal-asalan saja tetapi tidak mendisiplinkan dan mengakibatkan terburu-buru dalam gerakan sholat. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pembiasaan Tuma’ninah dalam Sholat pada siswa SMPN 4 Landasan Ulin Banjarbaru dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Pembiasaan Tuma’ninah dalam Sholat pada siswa SMPN 4 Landasan Ulin Banjarbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Negeri 4 Landasan Ulin Banjarbaru. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan yang berorientasi pada fenomena dan gejala yang bersifat alami. Subjek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa-siswi SMP Negeri 4 Landasan Ulin Banjarbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah Pembiasaan Tuma’ninah dalam Sholat dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat Pembiasaan Tuma’ninah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam pengolahan data digunakan teknik reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk analisi data menggunak analisis deskriptif kualitatif dengan menggambarkan/mendeskripsikan kejadian yang sesungguhnya dalam bentuk uraian kalimat, kemudian dianalisa dengan menggunakan teknik analisa data induktif, yaitu dengan menyimpulkan data secara khusus berdasarkan kenyataan umum di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembiasaan Tuma’ninah dalam sholat pada siswa SMP Negeri 4 Landasan Ulin mempunyai 2 hal penting yaitu metode dan strategi yang digunakan oleh guru dalam pendidikan pembiasaan. Metode yang digunakan oleh guru SMP Negeri 4 Landasan Ulin Banjarbaru dalam pembiasaan tuma’ninah dalam sholat sudah baik karena guru memperhatikan aspekaspek penting dalam pendidikan pembiasaan seperti melakukan kegiatan terprogram agar siswa dapat menerima dengan baik pembelajaran yang diberikan oleh guru dalam kelas dan Strategi yang dilaksanakan oleh guru SMP Negeri 4 Landasan Ulin dalam pembiasaan tuma’ninah dalam sholat juga sudah baik, guru memakai strategi yang dapat membuat siswa lebih aktif. Untuk faktor pendukung pembiasaan Tuma’ninah dalam sholat pada siswa SMP Negeri 4 Landasan Ulin yaitu faktor keteladanan dari guru dan motivasi peserta didik. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu kurangnya pendidikan Agama di lingkungan keluarga dan gangguan teman.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Feb 2021 06:55
Last Modified: 05 Feb 2021 06:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15292

Actions (login required)

View Item View Item