EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Problematika Mahasiswa dalam Menghafal Alquran pada Pembelajaran Daring Tahfidz LPPQ UIN Antasari Banjarmasin 2020

Mushlihati, Mushlihati (2021) Problematika Mahasiswa dalam Menghafal Alquran pada Pembelajaran Daring Tahfidz LPPQ UIN Antasari Banjarmasin 2020. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (829kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Dewasa ini, telah tumbuh subur berbagai pondok pesantren, yayasan dan berbagai lembaga baik formal maupun nonformal yang menggiatkan dan memfasilitasi dalam mempelajari Alquran. Salah satunya kegiatan menghafal Alquran, yaitu kegiatan menyetorkan hafalan Alquran yang dilakukan seorang murid kepada guru atau muhafidz-muhafidzah secara tatap muka (talaqqi). Akan tetapi, sejak pertengahan Maret 2020 dunia telah dilanda sebuah wabah yang bernama covid-19 hingga WHO menyatakannya sebagai darurat global. Akibatnya segala aspek kehidupan harus dihentikan sementara dan dialihkan ke sistem daring untuk mencegah penularan wabah yang ada. Salah satu yang terkena imbas ialah kegiatan menghafal Alquran para mahasiswa di Lembaga Pengajian dan Pengkajian Alquran (LPPQ) UIN Antasari Banjarmasin dan harus dilaksanakan secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika mahasiswa dalam menghafal Alquran pada pembelajaran daring tahfidz LPPQ UIN Antasari Banjarmasin dan solusinya. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah problematika yang dihadapi mahasiswa dalam mengahafal Alquran pada pembelajaran daring tahfidz LPPQ 2020 dan solusinya. Sedangkan subjek pada penelitian ini ialah mahasiswa yang terdaftar pada pembelajaran daring tahfidz LPPQ 2020 sebanyak 11 orang, 8 orang akhwat dan 3 orang ikhwan perwakilan dari setiap halaqah yang terdapat pada pembelajaran daring tahfidz LPPQ UIN Antasari Banjarmasin 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring tahfidz LPPQ menghadapi beberapa problematika, baik problematika dari mahasiswa sendiri maupun dari sistem pembelajaran daring yang ada, yaitu terbagi fokus dan sulit memanajemen waktu, rasa bosan dan kurang semangat, lingkungan sekitar yang tidak mendukung, kesibukan dari pihak pengajar, dan susahnya akses jaringan internet. Beragam problema yang ada menuntut pengurus LPPQ dan juga mahasiswa yang trdaftar dalam pembelajaran daring tahfidz LPPQ untuk aktif dan kreatif dalam belajar dan menghafal Alquran, walaupun pembelajaran harus dialihkan ke sistem daring seperti sekarang ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Elva Rahma Elva Rahma
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:31
Last Modified: 22 Feb 2021 02:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15492

Actions (login required)

View Item View Item