EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Ikhlas dan Spiritualitas Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri Martapura

Gina, Gina (2021) Pengaruh Ikhlas dan Spiritualitas Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri Martapura. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (752kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Profesionalisme guru adalah keahlian dan kewenangan khusus dalam bidang pendidikan, pengajaran, dan pelatihan yang ditekuni agar dapat melaksanakan pekerjaan tersebut secara efektif dan efisien serta berhasil guna. Dengan demikian guru mampu melakukan tugas dan fungsinya dengan kemampuan maksimal. Guru juga harus memiliki kompetensi untuk menjadi guru profesional. Pada prinsipnya, menjadi seorang guru yang profesional tidak akan lepas dari empat elemen dasar kompetensi guru, yaitu kompetensi dalam bidang pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi profesional. Dalam meningkatkan profesionalisme guru serta memberikan pendidikan yang baik kepada peserta didik tidak saja ditampilkan dari keahlian guru, namun pula wajib dilihat oleh ikhlasnya guru dalam membagikan ilmu kepada anak didiknya serta menyertakan nilai spiritual dan sanggup berbagi cinta serta kasih sayang dengan peserta didiknya dan menciptakan suasana pendidikan yang efisien supaya menciptakan output yang siap mengalami tantangan zaman. Seorang guru yang mempunyai spiritualitas akan berupaya untuk meningkatkan pengetahuannya sebagai guru, pengetahuan interpersonal yang berkaitan hubungannya dengan murid serta komunitas pendidikannya, serta pengetahuan guru tentang diri serta sikap guru. Maka dari itu, peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai Pengaruh Ikhlas dan Spiritualitas Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri Martapura. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pondok pesantren Darul Hijrah Putri Martapura yang berjumlah 53 orang responden. Berdasarkan penelitian ini, maka didapatkan hasil: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara ikhlas dan spiritualitas kerja terhadap profesionalisme guru di pondok pesantren Darul Hijrah Putri Martapura dengan taraf signifikansi 0,004 (p < 0,05) dan secara bersama-sama memberi sumbangan efektif sebesar 19,9%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara ikhlas terhadap profesionalisme guru pondok pesantren Darul Hijrah Putri Martapura dengan taraf signifikansi 0,023 (p < 0,05) dan memberi sumbangan efektif sebesar 19,1 %. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara spiritualitas kerja terhadap profesionalisme guru pondok pesantren Darul Hijrah Putri Martapura dengan taraf signifikansi 0,002 (p < 0,05) dan memberi sumbangan efektif sebesar 16,8%.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Hussein Hussein Priambodo Hussein Priambodo
Date Deposited: 26 Feb 2021 06:21
Last Modified: 26 Feb 2021 06:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15531

Actions (login required)

View Item View Item