EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Konsep Akidah Perspektif K.H.Abdurrahaman Bin Muhammad Ali (1910 M-1965 M) Dalam Kitab Kifayatul Mubtadi’in

Noorjannah, Noorjannah (2021) Konsep Akidah Perspektif K.H.Abdurrahaman Bin Muhammad Ali (1910 M-1965 M) Dalam Kitab Kifayatul Mubtadi’in. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (914kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman dan penumbuhan nilai-nilai akidah melalui pendidikan yang diberikan kepada anak. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini karena dalam proses pembelajaran tidak semua pendidik dapat mengaitkan materi akidah dengan materi yang disampaikan sesuai dengan tingkat berpikir anak sehingga dibutuhkan banyak pemahaman tentang konsep akidah yang benar sesuai kerangka berfikir anak. Kitab kifayatul mubtadi’in karya K.H. Abdurrahman bin Muhammad ali salah satu kitab tauhid yang masih digunakan dalam pembelajaran tingkat SD/MI sampai saat ini, didalamnya menerangkan konsep akidah beritiqad Ahlussunnah wal jama‟ah. Oleh sebab itu, Penulis juga tertarik untuk mengetahui relevansinya dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep akidah perspektif K.H. Abdurrahman bin Muhammad Ali dalam kitab kifayatul mubtadi;in dan relevansinya dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Adapun dalam pembahasannya penulis menggunakan metode deskriptif dan analisis data dilakukan dengan content analysis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan konsep akidah perspektif K.H. Abdurrahman bin Muhammad Ali dalam kitab kifayatul mubtadi’in merupakan tauhid yang beritiqad Ahlussunnah wal jama‟ah, yaitu kewajiban akan mengenal dan beriman kepada Allah Swt. melalui sifat-sifat-Nya, mengimani malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Nabi dan Rasul-Nya, hari akhir atau bisa disebut dengan rukun iman, husnudzon kepada Allah, memiliki rasa khauf dan raja’. Dan berkaitan dengan pembahasan i’tiqad. Adapun relevansinya dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah ialah terdapat relevansi pada sebagian konsep dan juga terdapat ketidakrelevanan. Relevansinya terletak pada pembahasan tentang Ma’rifat dan rukun iman, sedangkan ketidakrelevanan nya terletak pada pembahasan mengenai husnudzon, khauf, raja’, dan i’tiqad.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 10 Mar 2021 13:46
Last Modified: 10 Mar 2021 13:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15724

Actions (login required)

View Item View Item