EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pola Kerjasama Pemilik Kapal Dengan Nelayan Di Desa Aluh-Aluh Besar Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar

Halil, Halil (2020) Pola Kerjasama Pemilik Kapal Dengan Nelayan Di Desa Aluh-Aluh Besar Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (609kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya pemilik kapal yang bekerjasama dengan nelayan untuk mengoperasikan kapal melaut di Desa Aluh-Aluh Besar Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar, sedangkan kita ketahui bahwa penghasilan melaut tidak menentu karena dipengaruhi faktor alam, keahlian dan alat yang digunakan, dari hal tersebut membuat saya tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kerjasama yang dilakukan sudah sesuai atau tidak dalam perspektif ekonomi Islam dengan tujuan untuk mengetahui pola kerjasama yang diterapkan oleh pemilik kapal terhadap nelayan dan mengetahui Pemahaman pemilik kapal dan nelayan dalam membangun kerjasama melautnya . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan yaitu dari tanggal 5 Agustus s.d 5 Oktober 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data di dapat dari informan yang di tentukan dengan teknik snowball sampling. Selanjutnya data di analisis dengan deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pola kerjasama pemilik kapal dengan nelayan di Desa Aluh-Aluh Besar Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar diketahui bahwa kepemilikan ka pal bersifat mutlak/sempurna dan berstatus kapal milik pribadi/perorangan, bentuk kerjasama yang dilakukan yaitu menggunaka praktik kerjasama mudarabah, dengan memakai jenis mudarabah muqayyadah dan muthlaqah ini berlaku bagi pemilik kapal sekaligus pengepul, sedangkan bagi pemilik kapal yang ikut atau tidak dalam pengoperasian kapal melaut maka termasuk kedalam praktik kerjasama mudarabah dan syirkah, dengan memakai jenis mudarabah muthlaqah dan syirkah abdan yang terjadi melalui sebuah akad/perjanjian. Tetapi dari kedua kerjasama tersebut tidak sesuai menurut teori yang semestinya dalam praktik pembebanan resiko kerugian. Apabila kerjasama tersebut ditinjau menurut perspektif ekonomi Islam maka diketauhi bahwa kerjasama yang dibangun oleh pemilik kapal dan nelayan yaitu saling memerlukan dan tolong menolong untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dalam menghadapi kesulitan ekonomi, terbentuknya kerjasamanya pun itu karena mereka menggunakan kemampuan atau keahlian dan kepercayaan masing-masing pihak untuk mencapai tujuan bersama yaitu mecari dan mendapatkan keuntungan dengan cara bagi hasil sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 13 Mar 2021 21:53
Last Modified: 13 Mar 2021 21:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15826

Actions (login required)

View Item View Item