EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH (ZIS) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK (Studi Kasus Pada BAZNAS Kab. Balangan)

Fahrija, Ahmad (2020) PERAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH (ZIS) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK (Studi Kasus Pada BAZNAS Kab. Balangan). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
01. PERNYATAAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text
02. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
04. BAB 1.pdf

Download (723kB)
[img] Text
05. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] Text
06. BAB 3.pdf

Download (98kB)
[img] Text
07. BAB 4.pdf

Download (788kB)
[img] Text
08. BAB 5.pdf

Download (13kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (261kB)
[img] Text
10. Lampiran.pdf

Download (316kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh begitu besarnya potensi Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) dikalangan ummat Islam yang menjadi agama mayoritas masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Balangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik serta kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik melalui peran Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) di BAZNAS Kab. Balangan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data di peroleh dengan melakukan observasi dan wawancara kepada tiga orang informan yaitu ketua dan wakil ketua BAZNAS Kab. Balangan.. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan ditemukan : BAZNAS Kab. Balangan melalui dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) memberikan berbagai macam program bantuan seperti bantuan ekonomi, pendidikan, kesehatan, kemanusiaan, dakwahadvokasi dan Zakat Comdev BAZNAS yang dengan bantuan tersebut BAZNAS Kab. Balangan dapat memberikan dampak terhadap prekonomian mustahik. Namun BAZNAS Kab. Balangan juga memiliki beberapa kendala dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik seperti masih minimnya pengumpulan dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS), masih banyak para muzzaki yang menyalurkan dana ZISnya melalui ulama setempat, masih minimnya minat mustahik mengikuti pelatihan yang dilaksanakan, masih minimnya kesadaran mustahik dalam mengikuti pendampingan usaha yang dilakukan, kurangnya tenaga personil di BAZNAS Kab. Balangan, serta luasnya wilayah Kab. Balangan dan akses yang sulit ditempuh mengakibatkan BAZNAS Kab. Balangan masih belum mampu optimal dalam pengumpulan maupun penyaluran dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 16 Mar 2021 01:51
Last Modified: 16 Mar 2021 01:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15924

Actions (login required)

View Item View Item