EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Etika Penggunaan Media Sosial Whatsapp Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin (Studi Kasus 10 Orang Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2016)

Taufiq, Muhammad (2021) Etika Penggunaan Media Sosial Whatsapp Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin (Studi Kasus 10 Orang Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2016). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (405kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (871kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (363kB)

ABSTRAK

Kata Kunci: Etika Penggunaan, Media Sosial, WhatsApp Penelitian ini berlatar belakang dengan melihat penggunaan WhatsApp yang sangat tinggi dan dimiliki oleh semua kalangan untuk kepentingan tertentu. Penggunaannya juga tidak terlepas dari etika baik komunikasi ataupun dalam hal informasi. Oleh karena itu, sangat penting kiranya untuk mengetahui etika penggunaan WhatsApp khususnya di kalangan mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 10 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2016. Objek penelitian yaitu etika penggunaan media sosial WhatsApp mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam angkatan 2016 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klasifikasi data dan interpretasi data. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa semua mahasiswa yang sebagai pengguna aktif media sosial WhatsApp dalam berkomunikasi, menerima ataupun menyebar informasi. Terdapat 2 etika dalam penggunaan WhatsApp, yaitu etika dalam berkomunikasi dan etika dalam menerima ataupun menyebarkan informasi. Oleh karena itu, penggunaan media sosial WhatsApp sejatinya memberikan kemudahan dan layanan bagi setiap elemen masyarakat khsusunya dalam dunia pendidikan untuk membangun relasi, memperoleh informasi keilmuan dan lain sebagainya yang harus diiringi dengan etika yang baik dalam penggunaannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SERI RATNA SERI RATNA HAPSYAH SERI RATNA HAPSYAH
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:11
Last Modified: 25 Mar 2021 06:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16000

Actions (login required)

View Item View Item