EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Hambatan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Secara Internal Pada Peserta Didik di MTs Raudhatusysyubban Kabupaten Banjar

Afriliananda, Rizky (2021) Hambatan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Secara Internal Pada Peserta Didik di MTs Raudhatusysyubban Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (344kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh realita bahwasanya sering muncul permasalahan dalam diri peserta didik pada saat proses belajar berlangsung, dengan adanya hambatan tersebut maka akan mempersulit peserta didik dalam mencapai hasil yang maksimal dalam belajar. Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, kita sering dihadapkan dengan berbagai permasalahan salah satunya adalah perbedaan karakteristik peserta didik yang beraneka ragam. Tidak sedikit kita jumpai peserta didik yang mengalami hambatan dalam belajar, khususnya hambatan yang disebabkan oleh faktor internal peserta didik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor internal penyebab hambatan belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik di MTs Raudhatusysyubban kabupaten Banjar, serta mengetahui solusi atau upaya dalam meminimalisir hambatan belajar yang disebabkan oleh faktor internal pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Raudhatusysyubban kabupaten Banjar. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (Field research), yaitu penelitian yang bertujuan terjun ke lapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data mengenai hambatan belajar Sejarah Kebudayaan Islam secara internal pada peserta didik di MTs Raudhatusysyubban kabupaten Banjar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas VII sebanyak 8 orang, kelas VIII sebanyak 8 orang, dan kelas IX sebanyak 8 orang di MTs Raudhatusysyubban Kabupaten Banjar, serta objek penelitian ini adalah Faktor internal yang menghambat peserta didik dalam belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Raudhatusysyubban kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah, diketahui bahwasanya kebanyakan hambatan internal tersebut berasal dari aspek psikologisnya dan hanya sedikit yang berasal dari aspek fisiologisnya. Aspek psikologis yang mendominasi menjadi hambatan internal peserta didik dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam yaitu: Tingkat intelegensi peserta didik, sikap peserta didik, minat peserta didik, serta motivasi yang dimiliki peserta didik. Mengenai solusi dan upaya yang dilakukan untuk meminimalisir hambatan belajar ini, yaitu dari guru Sejarah Kebudayaan Islam dan dari pihak sekolah sudah ada solusi dan upaya yang dilakukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nadiya Uly Nadiya Ulya Nadiya Ulya
Date Deposited: 01 Jul 2021 01:51
Last Modified: 01 Jul 2021 01:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16348

Actions (login required)

View Item View Item