EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PRESERVASI BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANJAR

Sa’adah, Nazilatul Laili (2021) PRESERVASI BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANJAR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerusakan bahan pustaka yang mana ini akan sangat berpengaruh dengan perkembangan perpustakaan jika tidak ditanggulangi dengan benar, adapun yang dimaksudkan dengan preservasi adalah sistem pengolahan dan perlindungan pada bahan pustaka, atau tugas maupun pekerjaan untuk memperbaiki, memugar, melindungi, merawat bahan pustaka, dokumentasi, arsip, maupun bahan informasi serta bangunan perpustakaan, pada preservasi yang akan dilakukan pada perpustakaan sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala perpustakaan dan pustakawan. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah preservasi bahan pustaka di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjar. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang terkumpul, tersusun, dan di klasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Penelitian ini adalah penelitian yang terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai preservasi bahan pustaka di perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjar yang meliputi kegiatan dalam preservasi bahan pustaka dan kendala yang hadapi dalam kegiatan preservasi bahan pustaka. Adapun hasil penelitian ini adalah kegiatan preservasi bahan pustaka di perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjar telah dilaksanakan dengan baik, kegiatan preservasi ini diterapkan oleh pustakawan yaitu dengan perawatan bahan pustaka, perbaikan bahan pustaka, serta pelestarian bahan pustaka. Adapun faktor kendala yang dihadapi dalam preservasi ini yaitu faktor manusia yang mengakibatkan banyaknya coretan pada kertas, faktor alamiah yang menyebabkan basahnya bahan pustaka diakibatkan air hujan serta faktor serangga yang menjadikan bahan pustaka tidak layak pakai karna banyaknya tulisan yang hilang akibat dimakan oleh serangga seperti gagat dan sebagainya, faktor berikutnya yaitu kurangnya akan dana yang menghambat akan pembelian alat-alat cangih untuk preservasi, berikutnya kurangnya akan sumber daya manusia yang menjadi penghambatnya preservasi bahan pustaka di perpustakaan sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjar.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Depositing User: Mr Ahdie Anwary
Date Deposited: 09 Jul 2021 00:57
Last Modified: 09 Jul 2021 00:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16429

Actions (login required)

View Item View Item