EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Konsep Punishment Dalam Pengasuhan: Studi Komparatif Pemikiran B.F. Skinner dan M. Nur Abdul Hafizh Suwaid

Fitriyani, Nurhidayah (2021) Konsep Punishment Dalam Pengasuhan: Studi Komparatif Pemikiran B.F. Skinner dan M. Nur Abdul Hafizh Suwaid. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (853kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (862kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (331kB)

ABSTRAK

Di antara ahli-ahli pendidikan anak yang membahas tentang metode punishment adalah B. F. Skinner dan M. Nur Abdul Hafizh Suwaid. B.F. Skinner merupakan salah satu tokoh yang concert terhadap pendidikan anak, selain mendapatkan berbagai penghargaan dan memiliki banyak prestasi di bidang psikologi, Skinner juga mencetuskan teori operant conditioning yang salah satu unsur terpentingnya adalah punishment dan dipakai hingga saat ini. Sedangkan M. Nur Abdul Hafizh Suwaid telah menulis buku yang khusus membahas tentang prophetic parenting termasuk di dalamnya metode hukuman, dimana buku ini di anggap sangat lengkap, ringan dan sistematis. Selain direkomendasikan oleh beberapa tokoh cendikiawan muslim, buku ini terbilang tidak biasa mengingat proses penyususnan yang berlangsung sekitar 10 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui lebih dalam tertang bagaimana konsep punishment dari kedua tokoh, serta membandingkan kedua konsep tersebut untuk menemukan persamaan maupun perbedaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis kepustakaan (library research), dengan metode komparatif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analisis) dan teknik analisis komparatif. Di mana penulis membandingkan dua pemikiran ahli pendidikan anak yakni B.F. Skinner (ahli dari barat) dengan bukunya yang berjudul Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia dan M. Nur Abdul Hafizh Suwaid (ahli dari timur) dengan bukunya yang berjudul Prophetic Parenting; Cara Nabi Saw. Mendidik Anak, di mana keduanya sama-sama membahas tentang metode hukuman. Dari hasil penelaahan yang dilakukan, penulis ditemukan bahwa, meskipun keduanya sama-sama membahas tentang metode hukuman, terdapat perbedaan dalam segi pembentuk konsep pemikiran, yakni pada sumber pemikiran, jenis penalaran yang digunakan, tokoh atau model dalam konsep pemikiran, subjek yang dituju serta ada tidaknya orientasi. Selain itu ditemukan persamaan dan perbedaan dari segi isi pemikiran, persamaan didapatkan dalam hal asas atau kausa, utilitas atau daya guna, adanya efek samping, serta prioritas teori. Sedangkan perbedaan didapatkan dalam hal spesifikasi bahasan, tujuan hukuman, opini dalam memandang hukuman, pola hukuman, ada tidaknya tahapan pengaplikasian, intervensi, dan persetujuan terhadap penggunaan hukuman.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:25
Last Modified: 27 Jul 2021 02:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16596

Actions (login required)

View Item View Item