EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Proses Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 4 Hulu Sungai Tengah

Fauzi, M. (2021) Proses Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 4 Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (864kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Al-Qur‟an adalah kitab yang harus dibaca, ditulis, dihayati, dipahami dan direnungkan agar menjadi pelita hidup. Berkenaan dengan kitab bacaan ini, Nabi Muhammad SAW. selalu menghimbau umatnya untuk banyak membaca AlQur‟an baik bagi mereka yang mampu memahami maknanya atau tidak memahaminya. Keduanya akan mendapat pahala dari Allah SWT. Setiap huruf yang dibaca mendapat satu kebaikan sampai sepuluh kebaikan dan lebih dari itu sesuai dengan kualitas bacaan dan keikhlasan dalam membacanya. Berkaitan dengan itu, untuk membaguskan bacaan Al-Qur‟an maka diperlukan pembelajaran cara membaguskan Al-Qur‟an itu sendiri.Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran tahsin yang ada MAN 4 Hulu Sungai Tengah yang meliputi tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (feild research), yaitu penelitian yang dilakukan langsung ke tempat penelitian untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai proses pembelajaran tasin di Madrasah Aliyah Negeri 4 Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan menganalisis fenomena yang diamati. Objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran tahsin Al-Qur‟an di Madrasah Aliyah Negeri 4 Hulu Sungai Tengah yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran tersebut. Sedangkan subjek penelitian ini adalah koordinator tahsin, guru pengajar tahsin, serta siswa dan siswi yang mengikuti pembelajaran tahsin tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verification). Berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran tahsin di Madrasah Aliyah Negeri 4 Hulu Sungai Tengah terdiri dari 3 tahapan. (1) Tahapan Perencanaan, pada tahapan perencanaan ini koordinator tahsin beserta pihak sekolah menyiapkan tempat dan waktu pelaksanaan, kemudian bekerjasama dengan pihak kampus STIQ Amuntai untuk mendatangkan tenaga pengajar yang profesional di bidang tersebut dan bahan ajar yang akan dipakai. (2) Tahapan Pelaksanaan, tahap pelaksanaan ini terdiri dari kegaiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (3) Tahapan Evaluasi, kegiatan evaluasi yang dilakukan terbagi menjadi dua yaitu evaluasi formatif dan sumatif. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran ini yaitu dari guru, siswa/i dan lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 03 Aug 2021 02:25
Last Modified: 03 Aug 2021 02:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16737

Actions (login required)

View Item View Item