EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

SIKAP MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN HUMANIORA UIN ANTASARI TERHADAP BERITA PALSU (HOAX) PADA MEDIA ONLINE

Ridha, Muhammad Falah (2021) SIKAP MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN HUMANIORA UIN ANTASARI TERHADAP BERITA PALSU (HOAX) PADA MEDIA ONLINE. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (439kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (179kB)

ABSTRAK

Mahasiswa menggunakan media cetak, media elektronik, maupun media online untuk menambah wawasan dan pengetahuannya. Sebagai bagian dari kalangan akademisi mahasiswa dituntut untuk mengerti dan mengetahui keberadaan berita hoax, dan ikut serta mencegah penyebarannya di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora ketika menerima berita/informasi hoax pada media online. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Objek dalam penelitian ini adalah sikap mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora terhadap berita/informasi pada media online yang belum terverifikasi kebenarannya, sedangkan yang menjadi subjek penelitiannya adalah mahasiswa Fakultas Ushuludin dan Humaniora sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner secara daring melalui google form. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa telah mengetahui apa itu hoax. Pengetahuan mahasiswa terhadap berita palsu (hoax) pada portal berita sebanyak 55% mahasiswa menunjukkan bahwa sebagian besar responden menyatakan tidak tertarik atau tidak mudah terprovokasi dengan berita palsu (hoax) namun tetap mengakses dan membaca berita palsu (hoax) tersebut karena headline berita, isi berita, dan gambar berita yang disajikan cukup menarik untuk diakses. Walaupun membaca berita hoax, akan tetapi mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup baik dengan berpikir panjang ketika mempercayai suatu berita dari satu sumber terbukti dari hasil survey sebanyak 60% memilih setuju sehingga dapat membedakan yang benar dan yang hoax dengan memperhatikan sumber berita yang diterimanya dan mahasiswa tidak akan mudah percaya dengan berita- berita hoax dari media sosial. Sikap mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari ketika menerima berita/informasi hoax pada media online berdasarkan hasil penelitian sebanyak 90% mahasiswa dengan tidak tergesa-gesa dan tidak cepat mengambil keputusan dalam menerima berita. Maksudnya, ketika menerima informasi/berita mereka tidak langsung menerima atau bahkan membagikan berita tersebut. Mereka mengecek terlebih dahulu kebenarannya dengan membandingkan berita satu sumber dengan sumber lainnya sebelum menyebarkan informasi yang diterima karena sebanyak 90% merekasetuju dan tahu bahwa berita hoax membawa dampak negatif dan juga dampaknya bisa memecah bangsa dan menimbulkan permusuhan antar agama/etnis.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Aug 2021 05:16
Last Modified: 05 Aug 2021 05:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16788

Actions (login required)

View Item View Item