EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK JALANAN DI SDN KELAS KHUSUS PASAR LIMA BANJARMASIN

Pauziah, Pauziah (2020) PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK JALANAN DI SDN KELAS KHUSUS PASAR LIMA BANJARMASIN. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. Pernyataan Keaslian Tulisan Pauziah.pdf

Download (231kB)
[img] Text
AWAL Pauziah.pdf

Download (687kB)
[img] Text
3. Abstrak Pauziah.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I Pauziah.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II Pauziah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III Pauziah.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV Pauziah.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB V Pauziah.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pendidikan karakter untuk anak jalanan di SDN Kelas Khusus Pasar Lima Banjarmasin, dengan fokus mencakup: (1) Untuk memahami dan mendeskripsikan pendidikan karakter yang dikembangkan di SDN Kelas Khusus Pasar Lima Banjarmasin. (2) Untuk memahami dan mendeskripsikan materi, tujuan, metode, dan evaluasi pendidikan karakter untuk Anak Jalanan di SDN Kelas Khusus Pasar Lima Banjarmasin. (3) Untuk memahami dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter untuk anak jalanan di SDN Kelas Khusus Pasar Lima Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan data dilakukan dengan keikutsertaan peneliti; teknik triangulasi dengan berbagai sumber, teori, dan teknik; dan ketekunan pengamatan serta kepastian data. Informasi penelitian yaitu kepala sekolah, guru di setiap mata pelajaran dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai karakter yang terkandung dalam mata pelajaran di SDN Kelas Khusus yakni nilai karakter religius, rajin, jujur, disiplin, mandiri, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial dan peduli lingkungan. 2) Tujuan, materi, metode dan evaluasi pendidikan karakter di SDN Kelas Khusus Pasar Lima diantaranya (a) Sekolah ini mempunyai empat kompetensi yang dipegang dan menjadi dasar pembelajaran pada sekolah ini yaitu bagaimana membuat anak bisa membaca dan menulis, berhitung, memberantas buta aksara dan menanamkan nilai etika dan estika agar menjadi manusia yang bermanfaat dan tidak dipandang orang sebelah mata. (b) Ada beberapa mata pelajaran yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Kesenian, PAI, IPA, IPS, BTA, PKN, Aqidah Akhlak, dan Muatan Lokal. (c) Metode pembelajaran pendidikan karakter yang digunakan di SDN Kelas Khusus yaitu metode ceramah, metode pembiasaan, metode keteladanan, metode pelatihan, demonstrasi dan pemberian tugas. (d) Evaluasi pendidikan karakter di SDN Kelas Khusus Pasar Lima menggunakan model terintegrasi pada indikator pencapaian hasil belajar pada masing-masing mata pelajaran. Dari indikator pencapaian hasil belajar tersebut, diharapkan nilai-nilai karakter yang dikembangkan mampu mencerminkan pribadi peserta didik sebagai insan yang unggul. 3) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendidikan Karakter untuk Anak Jalanan di SDN Kelas Khusus Pasar Lima Banjarmasin diantaranya faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal diantaranya faktor lingkungan sekolah, faktor lingkungan keluarga, pergaulan teman, dan faktor guru diantaranya latar belakang pendidikan, insentif guru dan pengalaman guru. Sedangkan faktor internal yakni dari siswa itu sendiri seperti minat dan bakat siswa, fokus dan motivasi siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:32
Last Modified: 09 Aug 2021 02:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16857

Actions (login required)

View Item View Item