EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Shalat Pada Keluarga Pembuat Sekaligus Penjual Kue di Pasar Ulin Raya Banjarbaru

Andayani, Nur (2021) Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Shalat Pada Keluarga Pembuat Sekaligus Penjual Kue di Pasar Ulin Raya Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Peranan orang tua dalam memberikan pendidikan shalat sangatlah penting dalam sebuah keluarga. Apabila orang tua terlalu sibuk karena mempunyai pekerjaan dan hanya menyerahkan pendidikan anaknya kepada lembaga institusi pendidikan saja maka hal itu dapat menyebabkan kurangnya pengawasan dari orang tua kepada anaknya sehingga pendidikan agama yang diberikan oleh orang tua menjadi kurang maksimal. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab anak tidak melaksanakan shalat. Fokus penelitian ini adalah bagaimana peranan orang tua dalam melaksanakan pendidikan shalat pada keluarga pembuat dan penjual kue di Pasar Ulin Raya Banjarbaru dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah peranan orang tua dalam pendidikan shalat anak yang sedang dalam fase pertumbuhan. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang berstatus sebagai pembuat sekaligus penjual kue di Pasar Ulin Raya Banjarbaru, sedangkan informannya adalah semua pihak yang dianggap bisa memberikan informasi dalam kasus penelitian ini, dan analisis data yang digunakan adalah data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua yang berstatus sebagai pedagang pembuat sekaligus penjual kue di Pasar Ulin Raya Banjarbaru dalam membimbing pendidikan shalat pada keluarganya seperti memberikan pembiasaan, nasihat, keteladanan, dan disiplin kepada anak-anaknya. Adapun faktor penghambatnya yaitu seperti kesibukan orang tua dalam bekerja, dan anak juga biasanya tidak mau melaksanakan shalat karena sibuk menonton televise atau sibuk bermain dengan teman dan bermain handphone. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu dengan memasukan anak ke dalam lembaga pendidikan agama seperti TPA, privat, dan pondok pesantren.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 09 Aug 2021 03:00
Last Modified: 09 Aug 2021 03:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16884

Actions (login required)

View Item View Item