EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN DAKWAH PADA PONDOK TAHFIZH MAHASISWA AL-AMANAH DI KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR KOTA BANJARMASIN

Tamjidillah, Muhammad (2021) MANAJEMEN DAKWAH PADA PONDOK TAHFIZH MAHASISWA AL-AMANAH DI KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilandasi banyaknya mahasiswa yang setelah lulus kuliah bingung untuk mencari pekerjaan, karena belum memiliki keterampilan yang cukup dalam menghadapi dunia kerja. Keterampilan itu contohnya seperti hafizh Alquran. Salah satu rumah tahfizh yang melayani masyarakat dan alumninya sudah berkontribusi bagi masyarakat adalah Pondok Tahfizh Mahasiswa Al-Amanah. Keberhasilan ini terkait dengan manajemennya, oleh karena itulah penelitian ini dilakukan. Fokus masalah pada penelitian ini adalah bagaimana manajemen dakwah yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan pada Pondok Tahfizh Mahasiswa Al-Amanah di Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah model analisa Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan Manajemen Dakwah Pondok Tahfizh Mahasiswa Al-Amanah sudah sesuai dengan tahapan teori manajemen. Perencanaan program dakwah Pondok sudah terlaksana dengan baik yaitu perencanaan program Alquran, program da’i dan acara hari-hari besar Islam. Pengorganisasian juga dilaksanakan dengan baik seperti pembentukan kepengurusan pondok dan kepengurusan asrama. Penggerakan yang dilakukan pondok antara lain pemberian motivasi/arahan dari pimpinan kepada ustadz-ustadz, pemberian motivasi dari pimpinan kepada santri-santri, dan pemberian motivasi dari ustadz-ustadz kepada santri-santri serta pelaksanaannya juga tersusun rapi meliputi program Alquran, program da’i dan acara hari-hari besar Islam. Terakhir Evaluasi yang dilakukan pondok yaitu evaluasi harian, evaluasi bulanan dan evaluasi hari-hari besar Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 10 Aug 2021 07:31
Last Modified: 10 Aug 2021 07:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16965

Actions (login required)

View Item View Item