EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

TRADISI SYUROAN DI TENGAH PEREMPATAN JALAN DESA SETIAP 1 MUHARRAM (DI DESA BARAMBAI KOLAM KANAN, KECAMATAN BARAMBAI, KABUPATEN BARITO KUALA)

Arifin, Tajul (2021) TRADISI SYUROAN DI TENGAH PEREMPATAN JALAN DESA SETIAP 1 MUHARRAM (DI DESA BARAMBAI KOLAM KANAN, KECAMATAN BARAMBAI, KABUPATEN BARITO KUALA). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
surat pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (174kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
bab 1 pendahuluan.pdf

Download (254kB)
[img] Text
bab 2 landasan teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
bab 3 hasil penelitian.pdf

Download (328kB)
[img] Text
bab 4 Analisis .pdf

Download (229kB)
[img] Text
bab 5 Penutup.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf

Download (687kB)

ABSTRAK

Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan beragam bentuk, baik dari segi bentuk fisik, budaya dan agama yang selalu tidak pernah lepas dari kehidupan manusia itu sendiri. Begitu banyak macam-macam fisik dan budaya yang menggambarkan manusia. Setiap daerah yang dihuni oleh manusia pasti memiliki kegiatan kebudayaan yang sering dilaksanakan oleh mereka sebagai ciri khas dari daerah itu. Indonesia adalah termasuk negara yang banyak memilki kebudayaan dari setiap daerah yang pasti melakukan ritual kebudayaan itu, karena sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat. Salah satu tradisi yang sering dilaksanakan masyarakat adalah tradisi Syuroan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), dengan lokasi di Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala, tradisi Syuroan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yaitu subjek yang diteliti memakai pemikiran ataupun tindakan dilihat dari realitas yang ada secara faktual dan akurat. Data didapat dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dukumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah, tokoh masyarakat, dan masyarakat secara umum dari berbagai level. Sedangkan objek penelitian ini adalah proses acara tradisi Syuroan di masyarakat. Setelah dilakukan penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut: hasil di lapangan menunjukkan, tanggapan masyarakat terhadap tradisi Syuroan di Desa Barambai Kolam Kanan, Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala. Dengan dua pendapat, pertama mereka meyakini bahwa tradisi ini memberikan dampak positif bagi orang yang mau melaksanakanya. Kedua ketika tidak melaksanakan tradisi ini kemungkinan buruk akan terjadi pada mereka. Karena sesuatu yang buruk yang akan terjadi ketika tidak ikut serta melaksanakan adalah kejadian yang benar dialami oleh masyakat setempat. Adapun dorongan masyarakat untuk melaksanakan tradisi kebudayaan semacam ini untuk mendoakan orang terdahulu yang telah meninggalkan mereka dan tradisi ini juga kuat adanya perintah yang datang turun-temurun dari kakek dan nenek moyang mereka. Mereka juga mengajak keluarga mereka terutama dari kalangan anak-anak untuk bisa memebrikan pelajaran sehingga tradisi Syuroan tidak akan hilang dari kehidupan mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:45
Last Modified: 06 Sep 2021 01:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17174

Actions (login required)

View Item View Item