EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah 10 Banjarmasin

Arif, Muhammad Zaini (2021) Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah 10 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (642kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pokok permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah Mata pelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) merupakan mata pelajaran khas di sekolah-sekolah yang bernaung pada lembaga pendidikan muhammadiyah. Melalui mata pelajaran AIK diharapkan peserta didik dapat meningkatkan akidah Islamnya. Peserta didik juga mampu mengenal, memahami, menghayati agama Islam dan muhammadiyah. Sehingga tumbuhlah generasi muda yang bukan hanya cakap akan ilmu pengetahuan, tetapi juga kuat akan iman dan mampu membedakan mana yang haq dan mana yang bathil. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana guru melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah 10 Banjarmasin. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah dan guru Mata Pelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan SD Muhammadiyah 10 Banjarmasin sedangkan objek penelitianya yaitu adalah mengenai pembelajaran al-Islam Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah 10 Banjarmsin. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumenter. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses koreksi data, editing, dan reduksi data. Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah 10 yaitu mengenai perencanaan pembelajaran yang dilakukan yaitu membuat silabus, prota, promes, rpp dan media ajar, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan sesuai materi yang diajarkan apabila di dalam materi terdapat pembelajaran wudhu dan sholat maka dilakukanlah praktik dan untuk pembelajaran kemuhammadiyahan guru dan murid sewaktu-waktu bisa mengadakan study tour yaitu melihat sejarah pembuatan rumah sakit Islam dan lain sebagainya yang berhubungan dengan Muhammadiyah, dan untuk evaluasi dilakukan melalui ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Faktor pendukung dalam pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan adalah guru mata pelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan sedangkan faktor penghambat dalam Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah 10 Banjarmasin adalah jaringan internet, orang tua dan murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 24 Nov 2021 01:53
Last Modified: 24 Nov 2021 01:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17600

Actions (login required)

View Item View Item