EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI APLIKASI GOOGLE MEET DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ANTASARI BANJARMASIN

Cahyana, Eva Tri (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI APLIKASI GOOGLE MEET DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ANTASARI BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (945kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Keputusan Bersama beberapa Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan pembelajaran pada Tahun Akademik 2020/2021 di masa Covid-19 mengharuskan lembaga pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran secara Online. Pembelajaran Online tentu saja berbeda dengan pembelajaran tatap muka, dan teleconference adalah cara pembelajaran Online yang paling mirip dengan pembelajaran tatap muka. Google Meet adalah salah satu platform yang banyak digunakan. Oleh karena itu, fokus pada penelitian ini adalah: 1. Proses Pembelajaran Online menggunakan Google Meet mahasiswa Konsentrasi SKI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. 2. Keunggulan dan kelemahan penggunaan Google Meet pada Pembelajaran Online mahasiswa Konsentrasi SKI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah Dosen dan Mahasiswa Konsentrasi SKI Angkatan 2018, objek pada penelitian ini adalah aplikasi Google Meet sebagai media pembelajaran Online. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1. Persiapan yang dilaksanakan para dosen: menyusun silabus pembelajaran, mengumpulkan bahan ajar, mengirimkan silabus dan bahan ajar ke WhatsApp Group, menentukan aplikasi pembelajaran, serta memastikan jaringan internet dalam keadaan baik ketika perkuliahan berlangsung. Saat perkuliahan memakai Google Meet, para dosen memakai Model Group Investigation dan Inquiry Training, dengan strategi group-individual learning, dan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, Information Search dan demonstrasi. Saat evaluasi, dosen menggunakan bantuan aplikasi WhatsApp, Google Classroom dan Google Meet. 2. Keunggulan aplikasi Google Meet, antara lain: Memudahkan dosen untuk mengontrol jalannya perkuliahan, Google Meet tidak mempunyai batasan waktu penggunaan, Membuat mahasiswa dan dosen bisa berdialog langsung seperti tatap muka. Kekurangan dari aplikasi Google Meet: Jaringan internet yang tidak stabil membuat perkuliahan menjadi kurang efektif, terbatasnya kapasitas teks pada kolom chat pada Google Meet, Google Meet sulit diterapkan untuk evaluasi pembelajaran dan memerlukan banyak kuota internet dalam penggunaanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:15
Last Modified: 31 Jan 2022 07:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18207

Actions (login required)

View Item View Item